Wajib Tahu, Penyebab Rambut Rontok Berlebihan


Rambut rontok memang kadang bisa mengganggu kepercayaan diri terlebih jika kondisinya semakin parah. Penyebab rambut rontok berlebihan pada dasarnya bervariasi. Untuk mengetahui apakah rambut rontok berlebihan atau tidak. Anda bisa melihat langsung berapa helai kira-kira rambut yang rontok setiap harinya. Jika hanya beberapa helai saja maka masih normal. Namun jika sudah melebihi 100 helai per harinya, maka dikatakan rambut rontok berlebihan dan perlu diatasi.

Kenapa Rambut Rontok

Berbagai Faktor Penyebab Umum Rambut Rontok

Berikut beberapa penyebab kerontokan parah pada rambut:



  • Kurangnya Nutrisi/ Malnutrisi.
    Rambut rontok secara berlebihan bisa menjadi pertanda bahwa tubuh sedang kekurangan nutrisi. Tubuh yang sehat maka akan menghasilkan rambut yang sehat pula. Saat tubuh kekurangan gizi misalnya kurang konsumsi protein, Vitamin A, C, E, zinc, dan biotin, maka hal tersebut akan sangat mempengaruhi kondisi kesehatan rambut dan membuatnya tumbuh dengan tipis dan bahkan rapuh.
  • Pengaruh Hormon.

    Ada kondisi kesehatan yang menyebabkan rambut rontok berlebihan yaitu alopesia androgenik. Biasanya kondisi ini juga disebabkan oleh penuaan sehingga memang sulit dihindari. Pria diatas 50 tahun biasanya sangat rentan mengalami kondisi ini dimana ia mengalami kerontokan rambut yang berlebihan terutama di bagian depan kepala dan belakang. Wanita juga bisa mengalami kondisi ini terutama setelah menopause.

  • Penggunaan Produk Berbahan Kimia.

    Penyebab selanjutnya dari rontok berlebihan ialah terlalu sering terpapar bahan-bahan kimia yang berasal dari produk perawatan produk ataupun produk pewarna rambut. Bahan-bahan kimia tersebut mempengaruhi kekuatan rambut sehingga membuatnya lebih rapuh dan mudah rusak.

  • Stress Berlebihan.

    Mengalami tekanan mental juga bisa memicu kerontokan rambut secara berlebihan. Ini bahkan menjadi penyebab rambut rontok berlebihan yang paling sering dialami kebanyakan orang. Ketika mengalami stres atau depresi maka produksi hormon akan menjadi tidak seimbang. Hal ini mempengaruhi pertumbuhan rambut dan bahkan membuat rambut rapuh, mudah patah, serta kering.

  • Gangguan Kesehatan Tertentu.

    Gangguan kesehatan tertentu bisa juga memicu kerontokan rambut secara berlebih. Misalnya saja diabetes, hipertiroidisme, atau down syndrome. Kondisi ini disebut dengan alopesia areata. Meskipun begitu, kondisi ini bersifat sementara dan rambut bisa kembali tumbuh nantinya jika dilakukan perawatan yang tepat.

  • Obatan-Obatan Medis.

    Mengonsumsi obat-obatan tertentu bisa memicu kerontokan pada rambut. Beberapa jenis obat yang bisa menyebabkan kerontokan diantaranya obat untuk gangguan jantung, depresi, hipertensi, serta arthritis. Namun kondisi rambut rontok yang disebabkan karena konsumsi obat-obatan ini juga bersifat sementara dan bisa diatasi baik dengan perawatan alami maupun pengobatan yang dianjurkan dokter.

Mengetahui penyebab kerontokan pada rambut memberikan manfaat bagi seseorang untuk lebih memahami kondisi kesehatannya. Dengan begitu, bisa dilakukan cara yang tepat untuk mengatasi kerontokan tersebut. Itulah informasi mengenai beberapa penyebab rambut rontok berlebihan. Untuk mencegah agar kerontokan tidak semakin parah, menjalani pola hidup yang sehat adalah hal terbaik untuk dilakukan.


Pencarian Terkait:

  • rambut rontok berlebihan pertanda apa

Tinggalkan komentar

error: Maaf, Tidak Diizinkan.
%d blogger menyukai ini: