Cara Mencegah Rambut Rontok

Tips Sederhana Untuk Mencegah Rambut Rontok

Memelihara kesehatan rambut menjadi hal yang wajib dilakukan karena rambut adalah mahkota.  Merawat rambut juga merupakan cara yang terbaik untuk mencegah rambut rontok yang sering dialami oleh siapapun. Rambut rontok memang kadang bisa terjadi kapanpun misalnya saja saat sedang mengalami stres, atau saat menjalani kehamilan pada wanita.  Selain itu, rambut rontok juga wajar jika jumlahnya tidak melebihi 100 helai per harinya.

Mencegah Rambut Rontok

Berikut adalah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mencegah kerontokan rambut:

  • Hindari Keramas Terlalu Sering.

    Hindari keramas rambut terlalu sering ataupun terlalu jarang. Idealnya, keramas rambut dilakukan seminggu 2-3 kali. Dengan begitu, kelembaban rambut bisa tetap terjaga dan rambut senantiasa sehat. Terlalu sering keramas akan mengikis kelembaban alami rambut dan membuatnya lebih mudah rapuh dan patah. Sebaliknya, terlalu jarang keramas bisa menumpuk minyak dan kotoran yang menghambat pertumbuhan rambut.

  • Jangan Menyisir Rambut Basah.

    Usai keramas pastikan untuk tidak langsung menyisir rambut. Saat basah, rambut cenderung lebih rapuh sehingga menyisir rambut akan memicu kerontokan rambut berlebihan. Untuk itu, keringkan dahulu rambut menggunakan handuk. Biarkan hingga setengah kering kemudian barulah disisir menggunakan sisir dengan gerigi jarang secara perlahan untuk menghindari tekanan berlebihan pada akar rambut.

  • Konsumsi Makanan Sehat Seimbang.

    Untuk mencegah rambut rontok selanjutnya ialah dengan mengonsumsi makanan sehat dan seimbang. Memenuhi kebutuhan gizi harian bisa menjadi cara yang paling efektif dalam mencegah rambut dari kerusakan termasuk kerontokan. Penuhi kebutuhan nutrisi penting seperti protein, vitamin, mineral, seng, dan nutrisi lainnya sehingga metabolisme berjalan dengan lancar. Dengan begitu, kerontokan rambutpun bisa dicegah.

  • Pilih Bahan-Bahan Alami.

    Daripada menggunakan produk-produk perawatan yang berbahan kimia, sebaiknya pilih bahan-bahan alami yang bisa ditemukan dirumah. Hindari penggunaan produk rambut berbahan kimia tinggi misalnya obat pelurus rambut, silikon, dsb. Produk-produk tersebut terbukti bisa mengikis kelembaban alami rambut dan bahkan merusak kekuatan rambut. Akibatnya, rambut menjadi rapuh, mudah patah, kering, dan rontok.

  • Memotong Ujung Rambut Yang Rusak.

    Lakukan pemotongan ujung rambut 2 atau 3 bulan sekali sepanjang 0.5cm. Menghilangkan ujung rambut yang patah-patah, bercabang, dan kering bisa membantu mengoptimalkan pertumbuhan rambut. Sebaliknya, membiarkannya akan menghambat pertumbuhan rambut dan membuatnya rontok. Bahkan para pakar rambutpun menyarankan hal ini.

  • Hindari Stress.

    Kelola stres dengan baik sehingga kesehatan psikologis terjaga. Stres berlebihan mengakibatkan ketidakseimbangan hormon sehingga bisa memicu kerontokan rambut parah. Mengelola stres bisa dilakukan dengan berbagai cara misalnya tidur yang cukup, berolahraga secara teratur, atau melakukan terapi rileksasi.

 

Meskipun kerontokan rambut memang bisa terjadi kapan saja tanpa terprediksi, namun dengan menjalani pola hidup yang sehat bisa mencegah terjadinya kerontokan parah. Itulah beberapa tips sederhana yang bisa dilakukan untuk membantu  mencegah rambut rontok. Tidak diperlukan biaya yang mahal untuk merawat kesehatan rambut. Dengan menjalani tips diatas, maka rambut bisa selalu ada dalam kondisi optimal.

Tinggalkan komentar

error: Maaf, Tidak Diizinkan.
%d blogger menyukai ini: