Struktur dan Anatomi Fisiologi Rambut

rambut beruban

Rambut berfungsi sebagai mahkota kecantikan, disamping itu rambut juga berfungsi sebagai pelindung kulit. Pertama sebagai pelindung terhadap rangsangan fisik seperti panas, dingin, kelembapan, dan sinar. Kedua, sebagai pelindung terhadap rangsang mekanik seperti pukulan, gosokan, dan tekanan, serta ketiga sebagai pelindung terhadap rangsang kimia seperti berbagai zai kimia dan keringat. Rambut juga berfungsi untuk memberikan kehangatan, perlindungan dan keindahan.

Rambut juga terdapat diseluruh tubuh, kecuali telapak tangan, telapak kaki dan bibir. Rambut yang keluar dari kulit dinamakan batang rambut. Batang-batang rambut merupakan sel-sel tanduk yang berbeda dalam panjang rambut, tebal, dan warnanya.

Warna rambut ditentukan oleh pigmen melanin di dalam rambut yang berada dalam umbi rambut.

Melanosit adalah sel-sel yang menghasilkan pigmen (zat warna) yang menyebabkan rambut asli dapat memiliki bermacam-macam warna. Bila sudah mencapai usia lanjut, warna rambut berubah menjadi putih, dan ini sering kurang disukai keberadaaanya. Rambut menjadi putih/ uban dapat disebabkan karena hilangnya aktivitas enzim dalam sel pigmen dan bisa juga akibat faktor keturunan.

Struktur Bagian Rambut

Rambut tidak mempunyai saraf perasa sehingga tidak terasa sakit bila dipangkas. Rambut merupakan benang keratin yang mudah dibengkokan dan terpasang dengan kuat pad kulit dengan ketebalan 5-200 µm.

Bagian rambut yang menonjol diatas kulit disebut helai rambut, bagian didalam kulit disebut akar rambut.

Bagian ini terdapat dalam kantung epitel permukaan (folikel rambut, dan di ujung bawah terdapat papilla rambut yang bertugas memasok makan dan menebalkan menjadi umbi rambut. Umbi rambut ini mengandung sel matriks yang belum berdiferensiasi san melanosit. Dari sinilah rambut tumbuh sekitar 0,4 mm setiap hari.

Dibedakan folikel rambut terminal yang mencapai sub kutan, yang membentuk rambut yang tebal dan folikel rambut velus yang berakhir dalam korium, tempat rambut yang kecil dan tipis berasal. Uban disebabkan oleh kurangnya pembentukan pigmen atau adanya udara dalam rambut.

Secara Umum, rambut memiliki bagian sebagai berikut:

  1. Helaian seperti benang tipis yang tumbuh dari bawah permukaan kulit.
  2. Dibentuk oleh lapisan sel yang tertutup lapisan yang tersusun. Bentuknya seperti sisik ikan pada lapisan luarnya.
  3. Terdiri dari zat yang disebut dengan keratin.

struktur bagian rambut manusia

 Susunan  Pada Rambut

Berdasarkan hal itu bagian-bagian rambut dikenal dengan rambut yang berada di dalam kulit dan berada diluar kulit. Bagian-bagian rambut ini dapat dibagi atas:

  1. Akar Rambut (Hair Folicle)

akar rambut

Akar rambut adalah bagian rambut yang tertanam di dalam kulit. Seperti yang terlihat pada gambar di atas maka akar rambut terbagi:

  1. Bulp yaitu bagian pangkal rambut yang membesar, seperti bentuk bola, gunanya untuk melindungi papil rambut.
  2. Papil rambut adalah bagian yang terlindungi di dalam  bulp atau terletak dibagian terbawah dari  folicel rambut. Papil rambut tidak ubahnya seperti piring kecil yang tengahnya melengkung dan menonjol ke arah rambut, lengkungan inilah yang menyebabkan ia disebut papil, berasal dari sel-sel kulit jangat (corium) serta kulit ari (epidermis).
  3. Folicle  rambut ialah kandungan atau kantong rambut tempat tumbuhnya rambut. Kantong rambut terdiri dari 2 lapis. Lapisan dalamnya berasal dari sel-sel epidermis, sedangkan lapisan luarnya berasal dari sel-sel  dermis. Rambut yang panjang dan tebal mempunyai folicel  berbentuk besar, folicel rambut ini bentuknya menyerupai silinder pipa. Kalau folicel bentuknya lurus, rambut juga lurus dan bila melengkung rambut jadi berombak. Tetapi kalau lengkungannya itu lebih lengkung lagi, maka rambutnya keriting. Di dalam folicel ini bermuara kelenjar lemak (palit).
  4. Otot penegak rambut ialah yang menyebabkan rambut halus bulu roma berdiri bila ada sesuatu rangsangan dari luar dan dari dalam tubuh kita. Misalnya merasa seram, kedinginan, kesakitan, kelaparan dan sebagainya.
  5. Matrix disebut juga dengan umbi/tombol atau lembaga rambut. Seperti dijelaskan di depan bahwa di dalam folicle terdapat rambut. Bagian yang berdekatan dengan papil lebih subur daripada bagian yang lebih jauh di atasnya. Bagian yang subur itulah yang disebut matrixatau umbi/tombol atau lembaga rambut. Mengapa pada bagian itu lebih subur ? Ini disebabkan karena kelompok sel yang terdapat dibagian itu selalu membelah diri, membentuk bagian rambut baru.

2. Kelenjar lemak

kelenjar minyak

Umumnya kelenjar lemak berasal dari epitel dasar rambut dan bermuara dalam folikel rambut. Oleh karena itu disebut kelenjar lemak rambut. Kelenjar lemak bebas yang tidak terdapat bersama rambut ada di lubang hidung, dibibir dan daerah genital.

Kelenjar lemak terdiri atas sel-sel poligonal yang besar, yang awalnya mengandung banyak tetesan lemak (lemak sembum)  dan kemudian terurai seluruhnya  menjadi sebum.

Dari kelenjar lemak kemudian sebum akan masuk ke dalam kantung rambut, dari sini akan menuju permukaan kulit dan akan melindungi kulit dan akan melindungi kulit dan rambut dengan suatu lapisan lemak pelindung. Fungsi kelenjar lemak yang meningkat oleh hormon androgen, mempunyai arti yang penting secara dermatologic; pasien yang produksi lemaknya berlebih (seborhoik) akan mempunyai penyakit kulit yang berlainan dari pasien yang produksi lemaknya kurang (sebostatik) dank arena itu harus diobati dengan cara yang lain.

3. Kelenjar Apokrin (kelenjar bau)

Kelenjar bau yang juga bermuara dalam folikel rambut pada manusia hanya terdapat pada ketiak, pada saluran telinga luar; pada puting susu, pada kelopak mata dan didaerah genital. Kelenjar ini menghasilkan secret berlemak yang sifatnya basa.

4. Kelenjar Keringat

Kelenjar keringat yang tersebar diseluruh permukaan tubuh berjumlah sekitar 2 juta buah, tidak bergantung pada folikel rambut. Sekret kelenjar ini (keringat) mengandung garam-garam, asam-asam dan urea.

Masalah Kerontokan Pada Rambut dan Cara Mengatasinya

Terapi penumbuh rambut botak

Penyebab kebotakan biasanya dikaranakan oleh meningkatanya aktivitas tertosteron menjadi dihidrotestosteron yang disebabkan secara genetika serta meningkatnya pembentukan reseptor androgen di daerah ini.

Stress menjadi faktor utama dalam kerontokan rambut karena stress memicu produksi hormon testosterone yang bertanggung jawab atas “pola kebotakan” pada pria. Rasa tegang, khususnya leher dan bahu, akan menghambat sirkulasi darah ke kuit kepala serta folikel akan menjadi lemah dan kekurangan makanan.

Demikian pula saat diet ketat, serangan penyakit, atau dalam perawatan medis, seperti kemoterapi dan radioterapi, dapat menyebabkan kerontokan rambut yang hebat (untuk saran tentang perawatan rambut). Penanganan rambut yang kasar menjadi faktor utama, bersamaan dengan pemakaian bahan kimia yang salah, seperti pelurusan, pengeritingan, dan pewarnaan, juga menjadi penyebab umum kerusakan rambut. Tidur dengan rambut digulung terlalu kuat menyebabkan rambut rontok berkelompok

Rambut Menjadi Uban

rambut beruban

Warna rambut berasal dari butiran pigmen melanin yang dihasilkan oleh sel di dalam folikel rambut. Seiring dengan penuaan, sel melanosit menjadi kurang aktif dan muncullah uban atau yang terlihat sebagai rambut berwarna abu-abu. Kenyataannya, uban adalah kombinasi antara rambut berpigmen normal dengan rambut berwarna putih. Warna rambut perahan-lahan menjadi putih seluruhnya ketika meanosit berhenti berfungsi (Betley,2006).



Gizi dan stress juga mempengaruhi warna rambut stress akan membakar vitamin B di dalam tubuh, sebagaimana alkohol. Pola maka kurang vitamin B mempercepat muncul nya  uban. Menurut ahli kesehatan rambut Philip kingsley, penelitian menunjukkan bahwaasupan vitamin B dosis besar dapat mengembalikan warna rambut normal dalam waktu tiga bulan. Bila konsumsi dihentikan, uban akan muncul kembali. Konsutasikanlah dengan dokter sebelum mengonsumsi suplemen zat gizi.

Baca Juga Cara mengatasi rambut rontok.

Rambut Berketombe

Kulit kepala yang kering dan berkerak merupakan masalah kulit kering yang berkelanjutan. Namun stress, perubahan hormone atau konsumsi garam dan gula terlalu banyak dalam makanan yang dapat mempengaruhi pengeluaran sebum dan keringat di kulit menyebabkan bertambahnya sel permukaan kulit yang terlepas. Kerak yang berminyak ini akan menempel secara berkelompok secara berkelompok di kuit kepala. Kesalahan yang umum terjadi adalah terjadi dalan conditioner berlebihan yang di maksudkan untuk melembabkan kulit kepala yang kering, namun menyebabkan ketombe karena kulit kepala menjadi berminyak

Penyebab Rambut Berketombe

masalah ketombe pada kulit kepala

Sejalan dengan bertumbuhnya kulit, sel epidermal akan terdorong keluar, dimana mereka pada akhirnya mati dan terkelupas dari kepala. Pada umumnya, pengelupasan ini terlalu kecil untuk dapat terlihat mata. Namun demikin, kondisi tertentu menyebabkan  pergantian/ pertumbuhan sel menjadi terlalu cepat, khususnya umum terjadi dikulit kepala.

Pada orang berketombe, sel-sel kulit mungkin mati dan digantikan setiap kira-kira dua minggu sekali, sedangkan pada orang tanpa berketombe, siklus ini berlangsung satu bulan sekali.

Hasilnya, sel-sel kulit mati akan terlepas dan menumpuk dalam jumlah yang besar. Yang tampak sebagai serpihan-serpihan kecil berwarna putih atau kelabu dikulit kepala.

Ketombe dalam beberapa kasus merupakan masalah nutrisi buruk, khususnya disebabkan defisensi mineral seng. Seng dapat ditemukan dalam makanan seperti kerang-kerangan, ayam kalkun, dan kacang-kacangan.

Selain itu, penyebab ketombe antara lain disebabkan oleh;

  1. Dermatitis Seboroik

Dermatitis Seboroik merupakan infeksi pada kulit manusia yang disebabkan jamur yang tumbuh pada kulit manusia. Hal ini ditandai dengan bersisik/ mengelupasnya kulit yang di akibatkan oleh minyak atau lemak berlebih, dan Dermatitis seboroik salah satu penyebab umum munculnya ketombe dikulit kepala.

  1. Psoriasis

Psoriasis adalah penyakit yang ditandai kulit bersisik berwarna kemerahan disertai rasa gatal atau perih. Psoriasis juga merupakan salah penyebab munculnya ketombe.

  1. Kulit Kering

Kulit kering merupakan salah satu penyebab ketombe yang dapat diperburuh dengan penggunaan pengering rambut (hair dryer) dan kondisioner yang salah. Infeksi jamur pada kulit dapat menyebabkan kulit berminyak dan biasanya ketombe dapat tumbuh secara subur.

  1. Penyebab lain

Penyebab lain dari ketombe dapat disebabkan oleh tingkat stress yang tinggi, kurang menjaga kebersihan kulit kepala, berbagi sisir dengan penderita ketombe serta penggunaan shampoo dan kondisioner yang tidak sesuai dengan jenis kulit kepala.

Mengatasi Kulit Kepala Yang Berketombe

ketombe

Pengelupasan ketombe dapat dikurangi, khususnya bagi mereka yang mengalami masalah ketombe yang tidak terlalu banyak, deangan perawatan rambut yang tepat. Beberapa orang memiliki persepsi yang salah dengan menolak membasuh rambut mereka, dan berpikir  bahwa shampoo dapat menyebabkan kulit kepala menjadi kering dan bisa membuat ketombe mereka menjadi lebih banyak.

Sebenarnya, dengan mencuci rambut secara regular, kulit-kulit mati akan terlepas sebelum terkumpul banyak dan terlihat. Shampoo yang tepat akan membantu mengembalikan tingkat keasaman kulit kepala yang baik, memecah minyak, dan mencegah sel-sel kulit mati bertumpuk  menjadi serpihan yang terlihat. Namun demikian, shampoo yang bukan untuk pengobatan seborrheic, dermatitis, tidak memiliki efek untuk mengobati kulit yang teriritasi dan merah.

Pencegahan Ketombe

  • Keramas rutin menggunakan shampoo.
  • Pilihlah sampoo anti ketombe yang disesuaikan dengan jenis kulit kepala anda. Pemilihan sampoo dengan kandungan anti ketombe yang tepat dapat membantu anda mengurangi dan menghilangkan ketombe. Keramas dengan rutin dapat menjaga kebersihan kulit kepala dan menghindari pertumbuhan ketombe.
  • Mandi setelah melakukan kegiatan berkeringat.
  • Pastikan anda mandi dan keramas setelah melakukan kegiatan yang mengeluarkan keringat, seperti berolah raga. Keringat dapat menyebabkan iritasi kulit dan mempercepat pengelupasan kulit dan mempercepat pertumbuhan ketombe.
  • Jangan gunakan air panas/ hangat.
  • Air panas dapat menyebabkan terbukanya pori-pori kulit sehingga keluarnya minyak alami pada kulit dan kulit akan menjadi kering. Apabila anda menggunakan air hangat, bilaslah rambut menggunakan air dingin. Hal ini akan membuat pori-pori kulit menutup dan mencegah munculnya ketombe akibat kulit yang kering.
  • Gunakan bahan alami/ herbal.

Mengatasi Ketombe Dengan Bahan Alami

Banyak bahan alami/ herbal disekitar kita yang memiliki manfaat untuk menghilangkan ketombe, diantaranya;

1. Dengan Minyak Jojoba

minyak jojoba

Minyak Jojoba, yang terkenal sebagai pelembab alami yang baik untuk kulit dan mencegah munculnya minyak pada kulit dan menyeimbangkan ph kulit sehingga ketombe tidak akan muncul.

2. Dengan Jeruk Nipis

jeruk nipis

Jeruk Nipis. Gosokan pada kulit kepala dan tunggu beberapa saat lalu bilas. Asam salisilat pada jeruk nipis bermanfaat membersihkan minyak yang berlebih pada kulit kepala.

3. Dengan Minyak Kelapa Murni

minyak kelapa

Pijitlah kullit kepala anda dangan minyak kelapa murni lalu tutup dengan handuk panas diamkan beberapa saat. Minyak kelapa murni memilik sifat anti jamur yang baik untuk mencegah ketombe.

4. Dengan Kulit Nanas

kulit nanas

Parut kulit nanas yang sudah matang lalu gosokan pada permukaan kulit kepala, diamkan semalaman lalu bilas pada pagi hari. Nanas mengandung zat bromelain yang berkhasiat untuk membuang jaringan kulit tidak sehat termasuk ketombe.

5.  Pola Hidup Sehat

Perhatikan pola hidup sehat, konsumsi makanan yang bergizi, kurangi stress, juga kebersihan tubuh, hindari rokok, dan alcohol, konsumsi vitamin yang baik untuk kulit.

Berbagai Pengobatan Medis Pada Kulit

Beberapa zat aktif yang dapat digunakan untuk pengobatan penyakit kulit diantaranya;

G-heksaklorsikloheksana, pyrethroida, benzilbenzoat

Untuk ketiga zit ini digunakan untuk pengobatan penyakit kulit kudis. G-heksaklorsikloheksana dioleskan pada seluruh tubuh orang dewasa kecuali kepala  selama 3 malam dan pada esok harinya dihilangkan dengan mandi. Dikontraindikasikan pada orang hamil dan menyusui.

G-heksaklorsikloheksana, dan  pyrethroida  juga berefek terhadap kutu. Sediaan diberikan pada daerah kulit dan rambut yang terkenan dan setelah 3 hari dicuci kembali.

Wanita hamil dan menyusui serta anak-anak yang terkena kutu diobati dengan benzilbenzoat. Selain dipakai untuk terapi skabies, benzilbenzoat juga digunakana untuk menghilangkan kutu dalam kursi, karpet, dan sebagainya. Dengan usaha demikian alergi kutu rumah dapat diperbaiki.

Zat Untuk Pengobatan Psoriasis

Untuk pengobatan Psoriasis digunakan dithranol, psoralen (puva-terapi), preparat ter dan minyak bitumen yang tersulfonasi, retinoida asitretin dan taazaroten, analoga vitamin d3 dan imunsupresan (metotreksat dan siklosporin). Pengobatan penyakit ini hingga saat ini tidak mungkin, kebanyakan sering terjadi setelah terjadinya fase bebas gejala yang singkat atau lama, gejala-gejalanya muncul kembali. Glukokortikoida meskipun memiliki khasiat yang baik, tidak

 

 


Pencarian Terkait:

  • struktur dan siklus rambut sesuai anatomi dan fisiologi
  • anatomi rambut menurut dokter pakar

Tinggalkan komentar

error: Maaf, Tidak Diizinkan.
%d blogger menyukai ini: