Perawatan rambut dan kulit

Perawatan Rambut, Kulit, dan Kuku. Kenali Jenis Rambut Kamu

Perawatan Rambut

Meskipun kaum muslimah diwajibkan menutup rambut dengan kerudung, bukan berarti perawatan rambut tidak penting. Rambut perlu tetap dirawat, sebab rambut merupakan mahkota kita. Rambut akan membuat kita terlihat lebih cantik dan menarik, dan ini perlu dipamerkan didepan suami Anda kelak, iya bukan?

Tapi rambut tidak sekadar sebuah mahkota, fungsi terpenting dari rambut adalah sebagai pelindung kepala dari berbagai macam gesekan atau benturan. Alloh telah begitu adil, menciptakan rambut dibagian kepala jauh lebih banyak dari bagian tubuh lain, sebab di dalam kepala kita terdapat otak yang merupakan organ terpenting dari tubuh kita.

Perawatan Rambut Dan Kulit
Perawatan Rambut Berjilbab Via Kaskus.co.id

Mengenal Jenis-Jenis Rambut

Hampir sama dengan kulit, rambut juga terbagi menjadi tiga jenis, yaitu rambut berminyak, rambut normal, dan rambut kering. Ada juga rambut tipe kombinasi. Biasanya orang yang memiliki tipe kulit normal, dia juga akan memiliki rambut normal. Begitu juga dengan kulit berminyak dan kering yang akan berimplikasi ke jenis rambutnya. Masing-masing jenis rambut memiliki cara perawatan sendiri-sendiri.

Perawatan Rambut
Mengenal Jenis Jenis Rambut. Via Instagram.com

Jenis Rambut Berminyak

Ciri dari jenis rambut berminyak ialah jika rambutmu berminyak akan terlihat mengkilap, lepek, dan tebal, lengket, tidak teratur alias berantakan, kadang bau tak sedap, selalu basah, cepat kotor, lengket, dan sering ditumbuhi ketombe basah ( Pityriasis Steatoides ). Penyebab rambut berminyak biasanya karena kelenjar minyak pada kulit kepala terlalu banyak memproduksi sembum, sehingga rambut pun akan basah oleh sembum (minyak yang dihasilkan kelenjar minyak pada kulit). Kalau kamu termasuk orang dengan tipe rambut berminyak yang harus kamu hindari adalah petugas Pertamina atau Chevron, upps… bercanda!

Bagaimana Cara Merawat Rambut Berminyak?

Perawatan Rambut Berminyak
Perawatan Rambut untuk Jenis Rambut Berminyak via Kompasiana.com
  • Keramas yang rajin ya.. dua hari sekali.
  • Pakailah shampoo khusus rambut berminyak, atau banyak yang menganjurkan untuk pakai shampoo khusus bayi.
  • Jangan memakai kondisioner, bisa tambah parah nanti rambut kamu.
  • Habis keramas, ambil perasan jeruk nipis dan pijatkan ke kulit kepala kamu secara menyeluruh.
  • Jika kamu berkerudung, sesekali diruang yang aman, alias tidak ada lelaki bukalah kerudung kamu sesaat, biar kepala tidak terlalu lembab oleh keringat.
  • Saat dirumah, kamu juga bisa menaburkan bedak bayi ke bagian akar rambut untuk menyerap minyak.
  • Jangan lupa, makan-makanan sehat, banyakin air putih, buah dan sayuran, serta jangan terlalu banyak makanan berminyak.

Jenis Rambut Normal

Perawatan Rambut Normal
Rambut Jenis Rambut Normal via detik.com

Jika rambutmu mudah diatur, segar, bercahaya, tidak kusam, tidak lengket, kemungkinan besar rambut kamu tipe normal. Tidak terlalu sulit merawat rambut normal, karena akar-akar rambut ini biasanya pun kuat dan tidak mudah rontok. Cara perawatannya cukup mudah, dengan keramas secara teratur 2-3 kali sekali, dengan menggunakan shampoo untuk jenis rambut normal. Boleh menggunakan kondisioner asal tidak berlebihan.

Jenis Rambut Kering

Perawatan rambut Kering
Perawatan Rambut untuk Jenis Rambut Kering via alodokter.com

Perawatan rambut kering ini agak sulit, karena rambut kering biasanya kurang minyak alami rambut. Karena itu, rambut kering terlihat kusam, rapuh, pudar, ujung rambut pecah-pecah, tipis, mudah kusut, sulit diatur, dan berwarna pirang atau kemerahan. Rambut kering bisa memang dari asalnya begitu, atau karena berbagai treatment di salon yang berlebihan, misal terlalu sering dicat, dikeriting, dan sebagainya. Bisa juga karena rambut kekurangan nutrisi yang dibutuhkan rambut seperti Vitamin A, Vitamin C, asam folat, Vitamin E, Vitamin B12, Biotin, dan Niasin.

Bagaimana Cara Perawatan Rambut Kering?

  • Jangan terlalu sering keramas, cukup seminggu dua kali aja.
  • Gunakan kondisioner secukupnya.
  • Hindari treatment salon seperti keriting, pengecetan dan sebagainya.
  • Terapi dengan berbagai zat alami boleh juga, misal dengan minyak zaitun ke kulit kepala, biarkan beberapa saat, lalu dibilas dengan air.
  • Kamu juga bisa menggunakan ekstrak lidah buaya sebagai kondisioner alami, Ambilah gel lidah buaya secukupnya, boleh dicampur dengan minyak zaitun, lalu diblender dan gunakan saat keramas.
  • Minumlah banyak air putih dan sayuran serta buah yang mengandung nutrisi-nutrisi yang dibutuhkan rambut. Misal; jeruk, wortel, bayam, asparagus, brokoli, tomat, kiwi, dan sebagainya.

Perawatan Kulit

Perawatan kulit
Illustrasi Perawatan Kulit Via Hipwee.com

Kulit kita adalah bagian dari tubuh yang langsung berhubungan dengan luar. So, kulit harus menghadapi radiasi sinar ultraviolet dari matahari, terkena angin, hujan atau hawa dingin. Jamur, bakteri, dan berbagai jenis kuman juga akan masuk ke tubuh melalui kulit.

Berbagai faktor itulah, ditambah dengan faktor alami yakni menurunya kemampuan peremajaan kulit karena semakin menuanya usia tubuh yang menyebabkan kulit mengalami penuaan ( skin aging ) dengan tanda-tanda yang khas yakni; kulit menjadi keriput, terutama pada daerah yang terpapar sinar matahari, munculnya bintik cokelat dan kutil, pembuluh darah yang melebar sehingga tampak pada permukaan kulit, kekeringan kulit, kulit menjadi kendur, dan biasanya disertai dengan berbagai jenis tumor jinak.

Perawatan kulit paling utama tentu saja dengan mandi secara teratur, dua kali sehari. Akan tetapi secara umum berdasarkan kandungan airnya, kulit manusia dibedakan menjadi 3 jenis; yaitu kulit normal, kulit kering, serta kulit berminyak. Selain mandi masing masing memerlukan perawatan yang berbeda-beda.

Kulit Normal

Kulit normal adalah kulit yang memiliki kandungan air tertinggi dan kandungan minyak dari rendah hingga batas normal. Pada kulit normal, perawatan ditunjukan untuk pemeliharaan keseimbangan fisiologis dan mekanis serta perlindungan eksternal. Pakailah tabir surya fisik (misalnya topi, sapu tangan, dsb) atau tabir surya kimiawi ( cream ) jika berada di sebuah tempat yang langsung terkena sinar matahari. Dokter juga menyarankan agar menggunakan kosmetika yang mengandung  hydration product untuk melindungi kulit dari perubahan cuaca seperti dingin, angin, dsb.

Kulit Kering

Adapun Kulit Kering, yakni jenis kulit yang kandungan airnya rendah, biasanya sering menjadi sensitif, sehingga hindarilah mencuci muka secara kasar. Misalnya dengan menggaruk-garuk, serta pakailah pelembab yang mengandung natural moisturizing Factor yang memadai, yaitu yang disusun dari bahan-bahan PCA ( pyrolidone carboxylic acid ), urea, asam lactat, asam hidroksi, poly hidroksi acid, dan sebagainya. Kamu bisa melihat komponen  penyusun sebuah pelembab dan lihatlah apakah zat-zat ini terkandung didalamnya.

Kulit Berminyak

Sementara kulit berminyak adalah kulit selain kandungan airnya tinggi, kandungan minyaknya juga tinggi. Perawatanya ialah dengan mengurangi jumlah sebum (lemak yang dihasilkan oleh kelenjar lemak pada kulit) dipermukaan kulit. Sebaiknya jangan gunakan sabun biasa, kerena kadarnya detergent nya terlalu tinggi. Pakailah oily soap atau sabun yang ditujukan untuk kulit yang berminyak.

Selain ketiga jenis kulit tersebut, juga dikenal daerah didalam tubuh kita yang merupakan kombinasi, misalnya daerah T  (dahi, hidung, dan dagu) dimana satu bagian berkulit normal, atau berminyak, namun bagian lain berkulit kering.

4 Prinsip Perawatan Kulit

Memang betul, secara alami, seiring dengan bertambahnya usia seseorang, kulit juga akan mengalami penuaan. Akan tetapi, penuaan itu sebenarnya bisa diperlambat. Jadi, kulit kita bisa bertahan lama tetap dalam kondisi “remaja” lho.  Pernah lihat ada tante-tante tapi kulitnya sama cling-nya dengan abg? Jangan nuduh beliau operasi plastik ya? Bisa jadi karena beliau pintar merawat kulit agar tetap senantiasa berseri.

Menurut Dr. Moerbono Mochtar, Sp.KK dari RSUD Moewardi Surakarta, ada empat langkah dasar perawatan kulit yang benar, yang jika diterapkan akan memperlambat penuaan dini ( skin aging ), alias senantiasa menjadikan kulit kita dalam kondisi remaja.

 

  1. Cleansing.

    Perawatan kulit Cleansing
    Pengangkatan semua kotoran, minyak, serta sisa make-up dari kulit. Via kaskus.co.id

    Yaitu pembersihan kulit yakni pengangkatan semua kotoran, minyak, serta sisa make-up dari kulit. Yup inilah prinsip paling utama perawatan kulit. Yang berperan penting dalam aktivitas ini, tentu saja adalah air bersih, sebagaimana hadist Rasulallah SAW, “Sesungguhnya air itu suci dan menyucikan.” (H.R. Abu Dawud, At Tirmidzi, An Nasa). 
    Selain mandi teratur sehari dua kali, berwudlu juga sangat membantu proses cleansing, khususnya untuk membersihkan yang ringan-ringan. Sedangkan untuk mandi, air saja tidak cukup untuk mengangkat kotoran, khususnya dari jenis kotoran yang tidak larut dalam air, seperti lemak.
    So kita butuh sabun. Awas bukan sabun sembarang sabun! Sabun yang baik untuk pembersih kulit, sebisa mungkin bukan sabun yang terbuat dari soda ( non alkalis ) dan ber-PH seimbang, agar fisiologi kulit kita tidak rusak. Pemakaian Cleansing Milk, cleansing cream, dan sejenisnya dianjurkan terutama untuk mengangkat sisa kotoran make-up. Setelah menggunakan cleansing cream, sempurnakanlah dengan penyegar kulit ( freshner ). Lakukan secara teratur. Yakin deh, kulit Anda akan terlihat lebih bersih, dan segar.

  2. Moisturizing.

    Perawatan Kulit Moisturizing.
    Moisturizing via Liputan6.com

    Yakni pelembaban kulit pemberian lapisan lemak tipis ( moisturizer ) agar cairan tubuh tidak menguap sehingga terjadi kekeringan kulit. Ya, sebab muka adalah daerah dari tubuh kita yang tidak tertutup pakaian, sehingga akan lebih mudah mengalami penguapan, khususnya saat siang hari.
    Bayangkanlah sehelai daun, jika daun kehilangan air, maka dia akan layu dan kering, begitu juga kulit kita. Jika kulit kamu termasuk kulit kering, pemakaian pelembab akan sangat efektif. Sedangkan yang berkulit berminyak, sebaiknya tidak usah menggunakan zat ini, karena justru bisa menyumbat pori-pori dan menyebabkan terjadinya jerawat.

  3. Protection.

    Perawatan kulit
    Protection. Perawatan kulit via Kompasiana.com

    Yaitu perlindungan kulit, yakni melindungi kulit dari pengaruh sekitar yang merusak seperti sinar ultraviolet  matahari, hawa yang ekstrem (panas atau dingin), angin, kotoran di udara, polusi udara, dsb. Sebab, hal-hal tersebut bisa merusak kulit kita. Misalnya, saat naik gunung, atau daerah yang sangat dingin.
    Biasanya bibir kita akan pecah-pecah sebab kulit bagian bibir kita sangat tipis. Proteksi kulit terdiri dari 2 jenis, yaitu proteksi kimia, dan proteksi fisik. Proteksi kimia lazim disebut sebagai tabir surya (sunscreen), berupa cream yang dilapiskan ke wajah kita. Untuk orang asia, sebaiknya sunscreen tidak mengandung senyawa paba (para amino benzoic acid), beserta segenap keturunnya, sedangkan proteksi fisik bisa berupa topi, payung, cadar, baju lengan panjang, jilbab, dsb.
    Bagi perempuan didaerah padang pasir, seperti timur tengah, memakai cadar bisa menjadi proteksi fisik dari pancaran sinar matahari yang sangat panas. O ya buat kamu yang suka naik motor atau demonstrasi dibawah terik matahari siang bolong, baiknya tutup wajah kamu, dengan slayer atau sapu tangan yang bersih, sebab proteksi kimia saja tidak cukup untuk melindungi wajah kamu.

  4. Peeling/ Thining.

    Perawatan kulit wajah
    Mengangkat sel-sel kulit mati beserta kotoran yang menempel kuat dipermukaaan kulit. Via Hipwee.com

    Artinya pengaspalan atau penipisan kulit ini dimaksudkan untuk mengangkat sel-sel kulit mati beserta kotoran yang menempel kuat dipermukaaan kulit yang tidak bisa terangkat oleh sabun biasa atau krim pembersih, ini bisa membuat kulit terhindar dari kekusaman serta menghilangkan penyumbatan pada pori-pori kulit yang menyebabkan jerawat. Pengamplasan bisa dilakukan dengan menggunakan handuk yang kasar, masker wajah ( face mask ) atau scrub cream yang berisi butiran bulat halus yang berfungsi sebagai pengaplas ( abrasivers ) disabun khusus muka yang dijual ditoko-toko kadang sudah ada yang mengandung scrub cream, demikian juga banyak dijual dipasaran. Namun, kita juga bisa membuat masker sendiri dari bahan-bahan alami, misal; jagung, pepaya, bengkoang, dsb.

Itulah sebenarnya empat prinsip perawatan kulit. Jika keempat langkah tersebut dilakukan, menurut Dr. Moerbono Mochtar, Sp.KK kulit akan menjadi bersih, sehat dan cantik dalam jangka panjang ( long term beauty ), meski mungkin kita tidak dianugerahi kulit putih seperti para artis setidaknya kulit kita akan terlihat sehat, segar, terawat, dan berseri, jadi gak usah manyun ya. Rawat saja anugerah Alloh dengan sebaik mungkin, niscaya kamu akan terlihat menarik dan penuh pesan ya.

Perawatan Gigi

Perawatan Giigi
Illustrasi Perawatan Gigi Via Kompas.com

Bagian tubuh kita yang bersentuhan dengan dunia luar lainya adalah gigi. Gigi kita akan senantiasa  bekerja untuk mengunyah makanan yang masuk kedalam mulut. Sebenarnya gigi kita dilindungi oleh lapisan email, namun karena pola makan yang tidak baik (misalnya setelah makan panas-panas langsung minum es), juga kurang teraturnya membersihkan gigi, lapisan email itu sering kali menjadi rusak atau tertutup karang gigi, plat. Dengan demikian, gigi menjadi rusak, dan bahkan terlepas dari gusi.

Gusi yang rusak dan kotor, akan mengganggu penampilan dan mengurangi rasa percaya diri. Kadang gigi yang berlubang akan menjadi terisi sisa-sisa makanan yang kemudian membusuk dan menimbulkan bau tidak sedap. Sosialisasi jadi terhambat, dan kekhusyukan ibadah jadi berkurang.

Bagaimana Cara Merawat Gigi

  • Sikat gigi dengan teratur, bukan hanya bagian gigi yang terlihat saja yang disikat, tetapi juga lubang-lubang yang memungkinkan menjadi tempat penumpukan sisa makanan. Demikian juga, gusi dan lidah ikut disikat. Sikatlah gigi dengan lembut, tidak terburu-buru, dan dengan teknik yang benar, yaitu memegang sikat pada sudut 45° dari gusi dan gerakan sikat dari kanan ke kiri berulang kali disepanjang gigi.
  • Jika gigi kamu berlubang atau rusak, sebaiknya datang ke dokter gigi, dan ikuti saran dan petunjuk dokter.
  • Sering-seringlah berkumur, apalagi sehabis makan.
  • Hindari makanan-makanan ekstrem yang merusak gigi misal terlalu dingin, atau terlalu panas.
  • Kunyahlah buah dan sayur menggunakan gerahan kanan dan kiri secara bergantian.
  • Konsumsilah makanan yang mengandung nutrisi yang dibutuhkan gigi, seperti kalsium.

Perawatan Kuku

Perawatan Kuku
Illustrasi Perawatan Kuku Via KapanLagi.com

Jangan sepelekan kuku kita ya! Endapan kotoran yang tertinggal dalam kuku yang biasanya mengandung bibit penyakit akan menyebar ke dalam tubuh kita, apalagi jika kita memiliki kebiasaan makan tanpa cuci tangan, atau tanpa sendok. Oleh karena itu , kita dianjurkan untuk memotong kuku secara teratur.

Rasullulah bersabda, “Lima hal yang termasuk fitrah (kesucian), mencukur bulu kemaluan, khitan, menipiskan kumis, mencabut bulu ketiak, dan memotong kuku. (H.R. Bukhari Muslim)

Sedangkan dihadits lain;

“Sepuluh hal yang termasuk ( sunnah ) fitrah, yaitu mencukur kumis, memanjangkan jenggot, bersiwak, istinsyayaq (menghirup air lewat hidung), memotong kuku, membasuh ruas jari, mencabut bulu ketiak, mencukur rambut kemaluan, ber-istinja (membersihkan kemaluan).” Mush’ab mengatakan, “Saya lupa yang kesepuluh, mungkin berkumur”. ( H.R. Tirmidzi )

Bagaimana Cara Memotong kuku? Ternyata tidak sembarangan, melainkan ada aturanya. Menurut Imam An Nawawi, sunah memotong kuku itu dari jari tangan saebelah kanan, dimulai dari jari kelingking lalu sampai pada ibu jari. Setelah itu baru tangan sebelah kiri dimulai dari jari kelingking ke arah ibu hari.

Tinggalkan komentar

error: Maaf, Tidak Diizinkan.
%d blogger menyukai ini: