Penyebab Rambut Rontok Pada Pria

Penyebab Rambut rontok pada pria

Pria yang telah beranjak dewasa mungkin akan mengalami masalah pada rambutnya. Tidak jarang pria dewasa mengalami kerontokan rambut (Alopecia), Rambut rontok pada pria yang berlebihan dapat menyebabkan kebotakan dini. Dan berhimbas pada penampilan. Bila masalah rambut rontok pada pria dibiarkan tanpa ditangani dengan serius bisa menyebabkan kebotakan dini. Tentunya kamu enggak mau dong mengalami kebotakan dini, ada baiknya simak berbagai penyebab rambut rontok bagi Pria.

Penyebab rambut rontok pada pria biasanya diawali dengan berbagai masalah seperti; rambut berketombe, rambut  mudah patah, rambut kering, dan sebagainya yang bila dibiarkan saja maka akan mengakibatkan kebotakan dini. Beberapa faktor yang dapat menyebabkan kebotakan adalah faktor keturunan, perubahan hormon, kondisi medis, atau ketika Anda dalam masa pengobatan.

Penyebab Rambut Rontok pada pria

 

Baca Juga Cara Mengatasi Rambut Rontok Dengan Berbagai Bahan Alami.

 

Berbagai Faktor Penyebab Rambut Rontok Pada Pria

Banyak sekali faktor yang menyebabkan rambut rontok pada pria, baik pada usia remaja ataupun dewasa. Berikut 10 faktor penyebab kerontokan rambut yang biasanya terjadi pada pria.

1. Faktor Genetik atau Keturunan

Penyebab Rambut rontok pada pria

Keturunan merupakan faktor penyebab utama masalah kebotakan pada pria. kebotakan tidak hanya terjadi pada pria usia lanjut saja, tetapi juga pada pria muda artinya, bila salah satu keluarga mempunyai sejarah rambut botak di usia muda, maka kemungkinan besar seseorang yang berasal dari keturunan seperti itu akan mengalami masalah kerontokan rambut yang mengarah kepada kebotakan juga.  Tiga dari 10 pria di dunia beresiko terkena kebotakan pada usia dini menjelang usia 35 tahun. Sekitar 85% pria akan memiliki rambut yang menipis pada saat berusia 50. Beberapa pria mulai kehilanganya sebelum mereka berusia 21 tahun.

Berbagai masalah rambut rontok pada pria berbeda dengan kerontokan yang terjadi pada wanita. Biasanya kebotakan ini terjadi secara bertahap dan dalam pola yang dapat diprediksi.

2. Perubahan Hormon

Pada masa puberitas, tubuh mengalami berbagai perubahan atau ketidakseimbangan hormon yang menyebabkan berbagai masalah pada rambut yang menyebabkan rambut rontok pada pria. Salah satu hormon yang bisa menyebabkan kerontokan rambut pada pria ialah hormon Dihidrotestosteron (DHT). Kandungan hormon Dihidrotestosteron (DHT) yang tinggi memicu kerontokan rambut pada pria karena folikel rambut sensitif terhadap hormon ini.

Sekitar 10% hormon testosterone dalam tubuh pria maupun wanita diubah menjadi dihydrotestosterone. Di mana, pada masa pubertas pria jumlah hormon testosterone  yang diubah menjadi dihidrotestosteron  (DHT) mungkin jauh lebih tinggi untuk mendukung perubahan yang terjadi saat pubertas. Hormon DHT memiliki efek yang lebih kuat dibandingkan dengan testosterone.

3. Kondisi Medis atau Kesehatan Seseorang

Rambut rontok pada pria

Beberapa macam keadaan medis yang dapat menyebabkan rambut rontok pada pria antara lain ialah; seperti gangguan kelenjar tiroid, anemia, penyakit autoimun, dan sindrom ovarium polikistik yang umumnya terjadi pada wanita.

Sistem imun atau sistem kekebalan tubuh dapat menyerang folikel rambut. Menyebabkan rambut rontok tiba-tiba dan meninggalkan bekas halus pada kulit kepala, menghasilkan kebotakan membentuk lingkaran kecil di kulit kepala. Kerontokan rambut yang disebabkan sistem imun ini biasa disebut dengan alopecia areata.

Rambut rontok juga bisa terjadi karena stres yang ekstrem, trauma fisik seperti operasi atau sakit yang berkelanjutan, penurunan berat badan yang drastis selama periode waktu yang singkat, dan mengonsumsi terlalu banyak vitamin A. Rambut rontok dapat terjadi beberapa minggu sampai enam bulan setelah salah satu kondisi tersebut terjadi.

Pada saat hormon tidak seimbang inilah, rambut bisa mengalami kerontokan hebat. Bahkan jika segera tidak ditangani bisa mengalami kebotakan secara perlahan.

 

4. Stres

Penyebab Rambut Rontok pada pria

Stres dan rambut rontok merupakan hal yang saling mempengaruhi.  Baik stres yang berkaitan emosional ataupun fisik kedua-duanya dapat menyebabkan rambut rontok, yang merupakan kondisi yang serius. Ada tiga kondisi penyebab rambut rontok yang disebabkan oleh stress:

* Alopecia Areata atau Botak di beberapa titik Kepala

Alopecia Areata adalah suatu kondisi rambut rontok yang umumnya terjadi pada daerah yang berbatas tegas seperti kulit kepala. Sistem imun menyerang folikel rambut, yang menyebabkan rambut rontok, kadang-kadang dalam jumlah besar sekaligus. Ciri umum kebotakan pada pria yang disebabkan oleh Alopecia areta ialah kebotakan berpola bulat, alopecia areata juga dapat menimbulkan kebotakan menyeluruh. Banyak faktor penyebab alopesia areata, termasuk salah satunya stres berat. Orang dengan alopecia areata, sel darah putih akan menyerang folikel rambut, menghentikan pertumbuhan rambut, sehingga membuat rambut rontok.

* Trikotilomania

Trikotilomania merupakan gambaran kondisi kejiwaan di mana orang memiliki kecenderungan menarik rambut, alis atau bagian lain dari tubuh mereka sendiri. Orang dengan kondisi seperti ini pada umumnya sedang mengalami masalah dengan perasaannya (tidak nyaman), seperti stres, cemas, tegang, kelelahan, kesepian, atau frustrasi.

* Telogen effluvium

Telogen effluvium merupakan jenis kebotakan yang ditandai dengan kerontokan rambut secara difus yang dapat terjadi secara akut maupun kronis. Dalam kondisi ini, stres emosional atau stres fisik turut mendorong pertumbuhan rambut masuk ke dalam fase istirahat. Dalam beberapa bulan, rambut-rambut yang terkena efeknya akan tanggal secara tiba-tiba. Sebagai contoh ketika Anda sedang sedang keramas atau menyisir rambut.

Cara mengatasi rambut rontok yang  penyebabnya adalah stres, ialah meminimalkan atau menghilangkan penyebab stres tsb. Setelah stress hilang biasanya rambut akan tumbuh normal kembali. Hindari perasaan murung, depresi yang berlebihan, atau berbagai perasaan yang memicu timbulnya stress secara emosianal. Lakukan kegiatan rekreasi, atau hobi yang bisa menghilangkan stress. Cukup Istirahat dan jalankan pola hidup sehat.

 

5. Kekurangan Nutrisi di Dalam Tubuh

Penyebab Rambut Rontok Pria

Jika kalian mnerupakan penggemar makanan cepat saji, akan lebih baik untuk segera menghilangkannya. Hindari kebiasaan mengkonsumsi makanan “fastfood“. Meskipun memiliki rasa yang enak, fastfood memiliki kadar lemak yang tinggi, dan rendah serat. Makanan ini juga dikategorikan sebagai makanan “junk food” karena memiliki sedikit kandungan nutrisi. Minimnya nutrisi pada makanan cepat saji atau fastfood merupakan pemicu penyebab rambut rontok pada pria. Selain menyebabkan rambut rontok,  kebiasaan mengkonsumsi makanan fastfood juga menimbulkan berbagai gangguan kesehatan lainnya seperti penyakit darah tinggi, kolestrol bahkan penyakit jantung.

 

6. Kekurangan Omega 3

penyebab rambut rontok pria

 

Omega 3 merupakan sejenis asam lemak essensial, yaitu sejenis lemak yang diperlukan bagi kesehatan tubuh termasuk rambut.  Kandungan asam lemak tak jenuh pada omega 3 dapat meningkatkan tekstur rambut dan kepadatan, mencegah rambut rontok dan mengembalikan keseimbangan siklus rambut secara keseluruhan. Makanan sehari-hari yang banyak mengandung Omega 3 antara lain; ikan tuna, ikan salmon,  kacang kenari, dan lain sebagainya. Supplement yang kaya akan Omega 3 yaitu; minyak ikan, minyak zaitun, tuna, salmon, kacang, kenari, biji rami, dll



7. Diet Ketat

penyebab rambut rontok pada pria

Adalah idaman setiap orang untuk memiliki tubuh yang proposional  dengan berat badan yang seimbang. Berbagai upaya dan usaha pun dilakukan demi mencapai bentuk tubuh yang ideal tsb, termasuk menjalani diet yang ketat.  Efek lain dari program yang terlalu ketat tsb malah akan menjadi penyebab rambut rontok bagi pria maupun wanita. Hal ini tidak beralasan dikarenakan diet ketat menyebabkan kurangnya asupan gizi serta tidak seimbangnya makanan yang dikonsumsi.

Tahukah Anda, bahwa 97% rambut terdiri dari protein, bila asupan makanan kita kekurangan protein maka pertumbuhan rambut akan melambat, bahkan dalam beberapa kasus pertumbuhan rambut tersebut akan berhenti. Untuk itu, usahakanlah dalam sehari untuk mengkonsumsi minimal 100gr protein yang bisa di dapatkan dari daging, ikan, telur, kacang-kacangan, mentega dan lain sebagainya.

9. Usia

Seiring bertambahnya umur atau usia Anda, maka rambut kalian akan secara otomatis mengalami penipisan. Saat pria mencapai usia 30 tahun, jangan heran jika pertumbuhan rambutnya akan mulai melambat. Bahkan beberapa penelitian mengatakan bahwa folikel rambut menjadi tidak aktif. Inilah yang membuat pria  berusia 50 tahun hanya mempunyai separuh atau setengah jumlah folikel aktif di kepalanya. Jika hal ini terjadi, kalian melakukan berbagai cara perawatan rambut menjadi tidak terlalu berpengaruh lagi.

10. Kekurangan Zinc (Seng)

Zinc merupakan suatu jenis mineral yang bermanfaat untuk kesehatan rambut, kulit, dan kuku. Kesehatan rambut sangat didominasi oleh zinc. Oleh karena itu, perbanyaklah berbagai jenis makanan yang bisa memaksimalkan pemberian nutrisi zinc pada rambut. Makanan kaya akan zinc antara lain; bayam, kedelai, coklat, kepiting, bawang putih, tiram, jamur, kuning telur, biji-bijian dan daging merah.

11. Kekurangan Zat Besi

Jumlah asupan zat besi yang rendah bisa menyebabkan rambut rontok, ini karena pertumbuhan rambut terhambat sehingga memicu penyebab rambut rontok bagi pria. Untuk mengatasi masalah rambut rontok karena kekurangan zat besi ialah dengan banyak mengonsumsi makanan yang kaya akan zat gizi antara lain; daging terutama hati dan daging merah, oatmeal, dan sayur bayam, kacang-kacangan, kuning telur, serta tiram.

Selain berdampak pada masalah rambut, kekurangan zat besi juga menyebabkan anemia atau kekurangan darah.

 

12. Infeksi Bakteri dan Jamur

Infeksi bakteri serta jamur dikulit kepala juga merupakan penyebab kerontokan rambut pria, selain berbagai faktor penyebab rambut rontok pada pria diatas. Infeksi Bakteri atau Jamur biasanya ditandai dengan gatal pada kulit kepala, terkadang kulit kepala gatal juga dapat disertai oleh serpihan putih di kulit kepala, atau ketombe. Infeksi Bakteri dan Jamur pada kulit kepala disebabkan karena jarang membersihkan serta mencuci rambut. Segera berkonsultasi ke dokter atau menggunakan bahan-bahan alami untuk mengobatinya sekaligus menutrisi kulit kepala.

Obat Medis Untuk Mengatasi Rambut Rontok

  1. Minoxidil

Minoxidil obat mengatasi rambut rontok pria

Minoxidil merupakan obat medis pertama yang disetujui oleh FDA untuk mengatasi penyebab rambut rontok pada pria.  Dengan menerapkan obat ini langsung pada kulit kepala dua kali sehari, dapat menstimulasi pertumbuhan rambut rontok agar lebih cepat tumbuh.  Minoxidil masuk ke dalam golongan vasodilator, yaitu obat yang mampu memperlancar aliran darah dengan cara memperlebar pembuluh darah.
Minoxidil bekerja dengan baik untuk laki-laki yang tidak ingin minum pil dan yang ingin mencegah rambut rontok.
Minoxidil bekerja dengan cara mempercepat perkembangan folikel rambut dan merangsang pertumbuhan rambut.
Untuk merasakan manfaat obat ini, Anda dianjurkan untuk menggunakannya dengan dioleskan ke kulit kepala dua kali sehari, minimal dalam jangka waktu 12 minggu hingga waktu yang ditentukan dokter. Pengobatan ini dapat membantu menangani kebotakan pada pria dan wanita, tapi cenderung lebih efektif untuk wanita. Pemulihan biasanya terlihat setelah 16 minggu hingga setahun pemakaian, tergantung dari kondisi yang dialami pasien.. Pria yang mencoba perlu bersabar karena kadang-kadang hasil yang didapatkan setelah pemakaian selama sekitar beberapa bulan.

2. Finasteride

 Finasteride obat rambut rontok

Obat ini terbukti efektif untuk menangani kebotakan pada pria karena secara spesifik berfungsi untuk mencegah perubahan hormon testosteron menjadi dihydrotestosterone (DHT) yang menjadi penyebab kebotakan. Walau sangat jarang terjadi, finasteride memiliki efek samping penurunan gairah seks, disfungsi ereksi hingga berpotensi mengalami kanker prostat.

Tablet obat ini bekerja memperlambat perubahan hormon testosteron menjadi dihydrotestosterone (DHT) yang menjadi penyebab kebotakan.  Beberapa pria telah mampu menumbuhkan rambut baru saat menggunakannya. Banyak ahli berpendapat finasterid itu bekerja lebih baik daripada minoxidil.
Wanita hamil sebaiknya tidak minum obat ini karena  dapat menyebabkan cacat lahir pada bayi laki-laki.  Seperti minoxidil, ia bekerja hanya ketika Anda menggunakannya. B
DHT menipiskan rambut pria yang mewarisi gen kebotakan karena menyusut genetik folikel rambut yang sensitif sampai mereka folikel tidak bisa lagi tumbuh rambut. Finasteride memperlambat kerontokan rambut di sebanyak 90% laki-laki, dan sebagian besar orang-orang yang minum finasterid , menumbuhkan kembali beberapa rambut.
Obat ini dikonsumsi setiap hari dan manfaatnya akan terlihat setelah digunakan selama 3- 6 bulan. Tetapi jika pemakaian dihentikan, rambut akan kembali rontok dalam hitungan bulan. Wanita hamil disarankan untuk menghindari menyentuh tablet yang sudah pecah karena dapat membahayakan.

 

 

7 Masker Alami Mencegah Rambut Rontok Pada Pria

 

  1. Jus Bawang

Jus ini dipercaya dapat membatu mengurangi kerontokan rambut. Caranya bukan diminum lohh! Bawang merah atau bawang putih kamu belender hingga menjadi jus lalu dioleskan secara merata kerambut yang mulai rontok. Biarkan jus bawang itu dirambut semalaman dan bilas pada pagi harinya. Lalukan selama seminggu penuh dan lihatlah hasilnya.

 

  1. Cuka

Ternyata penyedap makanan rasa asam ini dapat kamu gunakan untuk membatu mengatasi kerontokan rambut. Soalnya juga mengadung kalium dan enzim yang dapat meningkatkan pertumbuhan rambut dan melawan ketombe.

Gini nih caranya, cukup mudah kok setelah keramas tambahkan setengah cangkir cuka dalam seperempat ember air dan celupkan rambutmu kedalamnya. Diamkan selama 10-15 menit, kemudian bilas hingga bersih.

 

  1. Minyak Essensial Kelapa

Dengan menggunakan minyak esensial kelapa, kamu dapat mengatasi rambut rontok dengan cara pijat minyak esensial kelapa kekulit kepala selama beberapa menit.

Naahhh, pijatan yang lembut ini dapat membantu folikel rambutmu tetap aktif. Ingat, jangan memijatnya terlalu keras karena dapat membuat rambut kamu menjadi rusak.

 

  1. Telur

Dengan mengkonsumsi protein adalah salah satu cara mengatasi kerontokan rambut yang salah satunya ada pada telur.  Kabarnya nih, protein pada telur dapat membantumu meningkatkan rambut atau juga berguna untuk mencegah kebotakan.

 

  1. Teh Hijau

Teh yang satu ini dapat membantumu mengatasi kerontokan juga looch, soalnya nicch, teh hijau sejak dahulu emang dikenal membantu mengatasi masalah rambut dan dapat membantu menumbuhkan rambut.

Caranya, kamu hanya perlu merebus kantong teh hijau dalam takaran satu cangkir. Kemudian dingin kan dan oleskan air rendaman teh hijau tersebut kerambut. Bilas rambut satu jam kemudian hingga bersih dan lakukan selama seminggu sampai sepuluh hari untuk hasil yang maksimal.

 

  1. Santan Kelapa

Santan kelapa memiliki banyak khasiat untuk kesehatan rambut dan salah satunya adalah mencegah kerontokan rambut. Selain itu, dapat menutrisi kulit kepala sehingga rambut yang akan tumbuh berikutnya akan sehat dan kuat. Caranya, kamu cukup menggunakannya sebagai masker rambut secara teratur. Maka rambut kuat dan bernutrisi akan kamu miliki.

Yang terakhir nich guysss!

 

  1. Lidah Buaya

Siapa sih yang engga tau tanaman ini, lidah buaya efektif untuk menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala. Caranya cukup usapkan bagian isi lidah buaya yang seperti gel kekulit kepala sambil pijat lembut.

Sekian tips dari saya semoga bermanfaat, terima kasih! Ada beberapa faktor juga yang menyebabkan Rambut Rontok Pada Pria, misalnya sering tidur tidak teratur, konsumsi alkohol berlebihan, bahkan seringnya konsumsi obat-obatan. Sebaiknya terapkan juga pola sehat ya, untuk mengurangi kerontokan yang berlebihan. Good Luck!


Pencarian Terkait:

  • penyebab rambut rontok pada pria
  • penyebab rambut rontok
  • akibat rambut rontok pada pria
  • Rambut rontok pria
  • apa penyebab rambut rontok pada pria
  • penyebab rambut rontok pada pria muda
  • rambut rontok akibat apa penyakit apa
  • rambut rontok pada pria
  • penyebab rambut pria rontok
  • yang menyebabkan kerontokan rambut pada pria

Tinggalkan komentar

error: Maaf, Tidak Diizinkan.
%d blogger menyukai ini: