Apa Penyebab Rambut Gatal dan Bagaimana Cara Mengatasinya?

Mengatasi Rambut Gatal

Rambut adalah mahkota untuk menunjang penampilan khususnya bagi kaum wanita. namun seiring berkembangnya zaman dengan berbagai polusi dan kesibukan di luar ruangan, banyak orang yang sering mengalami masalah rambut. Masalah rambut yang sering dialami oleh orang adalah masalah kepala gatal.

Mengatasi rambut gatal

Bagaimana Mengatasi Gatal-Gatal di Kulit Kepala?

Untuk mengatasi kegatalan di kulit kepala alangkah baiknya kita kenal dulu penyebab dari gatal-gatal tersebut untuk lebih mudah memilih penanganan yang cocok. Penyebab gatal dapat disebabkan oleh beberapa penyebab seperti ketombe, kurap, Psoriasis, dan dermatitis seboroik.

 

  1. Ketombe

Atasi Gatal dan Ketombe

Ketombe merupakan penyebab kulit kepala gatal biasanya umum terjadi. Ketombe terjadi biasanya disebabkan karena jamur yang tumbuh secara berlebih, sehingga menimbulkan minyak dan sel-sel kulit mati di kepala. Hal ini yang membentuk serpihan kulit kepala mengelupas dan gatal. Sebenarnya ketombe juga bisa diakibatkan karena kulit kepala yang sensitif terhadap produk tertentu, atau bisa juga karena terlalu banyak penggunaan produk penataan rambut atau bisa juga karena mencuci rambut yang terlalu sering.

  1. Kurap

Kurap merupakan penyakit yang menyerang kulit dan disebabkan oleh jamur. Penyakit ini biasanya menyebabkan ruam dengan pinggiran yang teraba menonjol, bewarna kemerahan seperti cacing, dan membentuk cincin pada ulit kepala. Gejala yang muncul dapat bervariasi, seperti kulit kepala gatal, bagian kepala yang terkena kurap menjadi botak, dan kulit kepala bersisik. Kurap di kepala termasuk masalah kulit kepala yang dapat menular dan paling sering terjadi pada anak usia sekolah. Penyebab penyakit ini bisa terjadi karena adanya alergi pada produk perawatan rambut. Misalnya adalah pada  penggunaan hair spray, karena secara perlahan hair spray bisa memberikan sensasi rambut seperti tertarik sehingga membuat kulit kepala gatal.

 

  1. Psoriasis

Psoriasis merupakan Masalah kulit kepala yang bisa mengakibatkan kulit kepala menjadi gatal. Penyakit ini disebabkan oleh sel kulit yang tumbuh terlalu cepat sehingga membentuk bercak tebal dan kemerahan, yang kemudian ditutupi oleh serpihan dan sisik berwarna keperakan. Penyakit ini paling sering ditemukan di kulit kepala, lutut, siku, dan punggung. Gejala dari penyakit ini adalah adanya ketombe yang menempel pada batang rambut, dan adanya bercak keperakan yang tebal serta akan berdarah jika dikupas dari kulit kepala. Bercak dari penyakita psiriosis ini akan menyebar hingga keluar garis rambut. Penyakit ini akan menimbulkan rasa sakit atau kulit kepala gatal yang juga timbul pada bagian tubuh lain.

 

  1. Dermatitis Seboroik

Penyakit kulit yang biasanya mengenai kulit kepala dan area tubuh yang berminyak seperti punggung, wajah, dahi dan ketiak. Pada kulit kepala, hal ini menyebabkan kulit berwarna merah, berketombe dan bersisik.

Mengatasi Jamur di Kulit Kepala

Lalu bagaimana bagaimana cara mengatasi jamur di kulit kepala yang bisa menimbulkan gatal-gatal di kulit kepala? Jawabannya adalah kulit kepala yang gatal-gatal akan mudah diatasi ketika kamu tahu penyebab dari kulit kepala gatal adalah sebenarnya penyakit apa. Karena itu sangat penting kamu memahami gejala dari penyakit yang mungkin kamu alami yang menyebabkan kulit kamu menjadi gatal. Jika kamu sudah mengetahui, maka berikut ini adalah beberapa cara mengatasi kulit kepala gatal yang telah disesuaikan oleh penyebabnya.

 



  1. Mengatasi Gatal Penyebab Ketombe

 

Ketombe yang tidak tergolong parah, sebenarnya kamu bisa mengatasinya dengan memakai sampo yang mengandung zinc pyrithione, selenium, atau minyak pohon teh. Zinc pyrithione merupakan antifungal dan antibakteri yang dapat mengurangi kulit kepala gatal dan jamur penyebab ketombe. Atau kamu bisa menggunakan cara alami dan bahan alami. Misalnya adalah minyak esensial pohon teh yang juga mengandung antifungal dan antibakteri. Minyak ini terbukti mampu menghindari kulit kepala terkena infeksi yang bisa memunculkan gatal pada kulit kepala. Untuk cara penggunaan bahan alami ini, kamu bisa mencampurkan 10 tetes minyak zaitun dengan satu tetes minyak pohon teh. Setelah pencampuran dilakukan degan komposisi yag tepat, lalu oleskan pada bagian yang bermasalah dengan menggunakan kapas. Untuk hasil yang lebih maksimal, maka diamkan selama krang lebih lima menit kemudian cuci hingga bersih.

 

  1. Mengatasi Gatal Dengan Penyebab Psioriasis

Atasi penyebab rambut gatal

Kulit kepala gatal yang disebabkan oleh penyakit psioriasis dengan tingkat ringan hingga sedang, bisa menggunakan shampo yang mengandung salicylic acid (asam salisilat), dan minyak atau krim yang mengandung coal tar (tar batubara). Atau kamu juga bisa menggunakan pelembap dalam bentuk salep oles atau dengan cuka apel. Cara penggunaannya adalah dengan mencampurkan dua sendok air dan satu sendok cuka apel. Setelah pencampuran dilakukan degan komposisi yag tepat, lalu oleskan bahan-bahan yang sudah tercampur ke atas kulit kepala. Untuk hasil yang maksimal, maka diamkan selama kurang lebih 10 menit kemudian cuci hingga bersih. Cara ini sebaiknya dilakukan selama beberapa kali dalam seminggu. Meskipun untuk mengatasi psioriasis ringan hingga sedang kamu bisa memilih beberapa cara di atas, namun akan lebih baik jika kamu mengonsultasikan dengan dokter obat apa yang cocok untuk mengatasi masalah kulit kepala.

  1. Mengatasi Gatal yang Disebabkan Oleh Kurap

Kurap adalah penyakit yang menular. Karena itu untuk menghindari penularan, perlu penggunaan sampo tertentu untuk menghilangkan jamur dari kulit kepala. Penyakit ini biasanya harus dikonsiltasikan dengan dokter yang  akan meresepkan obat oral antifungal yang perlu dikonsumsi sekitar 6 minggu, misalnya adalahobat yang mengandung griseofulvin dan terbinafine.

Bila Rambut Masih Gatal-Gatal Setelah Melakukan Perawatan di Atas..

 


Mungkin kamu melupakah hal-hal berikut ini. Selain cara mengatasi kulit kepala yang gatal-gatal karena jamur yang sudah dibahas di atas. Sebenarnya kamu bisa mencegah daripada mengobati. Mengingat pengobatan pasti membutuhkan biaya yang tidak sedikit, dan hasil yang masih diragukan kesembuhannya. Proes pencegahan pastinya dapat kamu lakukan dengan menerapkan pola hidup sehat mulai dari sekarang, seperti:

  1. Istirahat yang cukup
  2. Mengelola stress dengan baik
  3. Mengkonsumsi makanan bergizi
  4. Menjaga kebersihan rambut dan kepala
  5. Gunakan sisir dan handuk pribadi, hindari menggunakan handuk atau sisir secara bersamaan

 

Mengatasi kulit kepala gatal, jika masih tergolong ringan, maka kamu bisa mengatasinya dengan beragam shampo atau obat yang bisa kamu dapatkan di toko khusus untuk masalah ketombe. Saran yang terakhir apabila keluhan kegatalan yang kamu alami tidak membaik, maka sebaiknya kamu harus mengkonsultasikannya ke dokter spesialis kulit, agar tidak semakin parah dan menganggu aktivitas serta memperburuk penampilan.

Sehingga bisa dilakukan evaluasi lebih lanjut seperti wawancara, pemeriksaan fisik, dan pemeriksaan penunjang. Sehingga akan mendapatkan penyebab yang akurat dan cara pengobatan yang lebih tepat. Perlu diingat rambut adalah mahkota sehigga harus dijaga kesehatan rambut dan kulit kepala dengan menjaga kebersihan.

 


Pencarian Terkait:

  • Cara menumbuhkan rambut setelah kena gatal
  • apa penyebab rambut gatal dan apa solusinya
  • apakah ketombe bisa menyebar ke kulit diluar rambut ?
  • apakah rambut keriting dan tebal itu gatal
  • bakteri staphylococcus aureus penyebab ketombe
  • cara mengatasi rambut gatal
  • cra melebat kan rambut dan mengatasi gatal rambut
  • kenapa muncul rambut gatal
  • penyebab rambut gatal
  • punca kulit rambut gatal

Tinggalkan komentar

error: Maaf, Tidak Diizinkan.
%d blogger menyukai ini: