Ini Dia Beberapa Penyakit Penyebab Rambut Rontok

Berbagai Penyakit Rambut Rontok

Salah satu parameter kecantikan atau kegantengan seseorang dinilai dari rambutnya. Rambut yang sehat tentu saja memiliki nilai estetika yang lebih baik. namun untuk mendapatkan rambut yang sehat dan indah bukanlah hal yang mudah. Diperlukan serangkaian perawatan serta gaya hidup yang sehat untuk menjaga dan merawat kesehatan serta keindahan rambut.

Mengapa dikatakan tidak mudah? Rambut menjadi salah satu organ terluar manusia. Karena letaknya diluar, rambt sering kali terpapar berbagai kotoran dan polusi yang semakin banyak saat ini. Selain itu dengan banyaknya pencemaran air saat ini, biasanya tanpa kita sadari, kita menggunakan air tersebut untuk keperluan keramas dan tentu saja hal tersebut tidaklah baik. belum lagi maraknya berbagai produk perawatan rambut dengan kandungan kimia berbahaya serta berbagai perlakuan terhadap rambut yang berlebihan turut memperparah keadaan rambut kita. Tak hanya itu, terdapat beberapa penyakit yang menyebabkan rambut rontok.

penyakit penyebab rambut rontok

Rambut yang rontok bisa saja disebabkan oleh banyak hal. Salah satu diantaranya adalah disebabkan penyakit. Rambut yang rontok ini biasanya adalah sebuah indikasi atau bisa juga merupakan efek samping dari penyakit yang kita derita.

Oleh karena itu, jika Anda merasa sudah melakukan perawatan terhadap rambut dengan benar, maka ada baiknya bagi Anda untuk memeriksakan diri ke dokter untuk memastikan penyebab rambut rontok Anda. Rambut yang rontok akibat penyakit dapat diatasi dengan menyembuhkan penyakit tersebut terlebih dahulu. Berikut ini beberapa penyakit yang menyebabkan rambut rontok yang mungkin dapat membantu Anda mengenali berbagai penyakit

Apa Saja Penyakit yang Menyebabkan Rambut Rontok?

Rambut rontok ternyata bisa jadi merupakan tanda bahwa kita sedang menderita penyakit tertentu, hal ini ternyata cukup berbahaya jika terlalu lama dibiarkan. Berikut ini beberapa penyakit yang menyebabkan rambut rontok.

  1. Anemia

anemia

Anemia adalah sebuah penyakit dimana penderitanya mengalami kekurangan sel darah merah. Sel darah merah sendiri memiliki peran yang sangat penting dalam hal mengangkut oksigen keseluruh tubuh. Oleh karena itu ketika kita kekurangan sel darah merah, sering kali kita merasakan pusing hingga sakit kepala yang hebat akibat kurangnya asupan oksigen ke dalam otak.

Rambut yang kita miliki pada dasarnya juga membutuhkan asupan oksigen, ketika asupan oksigen berkurang maka akan membuat folikel pada rambut rapuh dan akhirnya menyebabkan rambut kita rontok. Makanan seperti kedelai, roti gandum, telur, bayam, dan tomat dapat membantu mengurangi dan mencegah terjadinya penyakit anemia ini. Namun apabila rambut tetap rontok dan disertai rasa pusing yang teramat sangat maka sebaiknya segera hubungi dokter.

  1. Lupus

Lupus

Lupus adalah sebuah penyakit dimana sistem kekebalan tubuh kita menyerang organ tubuh sendiri. Penyakit ini dapat menyerang organ mana saja seperti jantung, paru-paru, ginjal, otak, termasuk juga kulit. Kulit merupakan organ yang cukup rentan diserang oleh penyakit lupus. Kulit yang terserang oleh penyakit lupus akan lebih rapuh, begitu pula dengan kulit kepala yang diserang penyakit lupus.

Kulit kepala yang diserang penyakit lupus akan menyebabkan rambut lebih mudah rontok. Selain itu rasa sakit kepala yang sering kali diderita oleh penderita penyakit lupus juga dapat menyebabkan rambut lebih mudah rontok. Makanan yang mengandung omega 3 seperti yang terdapat pada salmon sangat membantu penderita penyakit lupus untuk melawan penyakitnya serta dapat juga mengurangi kerontokan rambut.



  1. Kanker Otak

kanker otak

Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa rambut yang rontok bisa juga disebabkan oleh penyakit kanker otak. Penyakit kanker otak ini termasuk penyakit yang sangat berbahaya, oleh karena itulah jika Anda mengalami rambut yang rontok secara tiba tiba dan diikuti dengan rasa sakit kepala yang luar biasa maka ada baiknya Anda segera menghubungi dokter terpercaya untuk mencari tahu penyebab pastinya.

Dengan mengetahui tanda atau gejala awal penyakit kanker otak, maka akibatnya yang sangat fatal dapat dihindari. Memakan makanan bergizi dan bervitamin dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh untuk melawan penyakit ini.

  1. Hipertiroidisme

Hipertiroidisme adalah sebuah kelainan dimana aktivitas hormon tiroid yang tidak seimbang atau tidak normal. Hormon tiroid yang tidak seimbang ini dapat menyebabkan rambut menjadi mudah rontok. Penyakit ini lebih sering mnyerang wanita.

  1. PCOS

PCOS adalah singkatan dari Polycystic Ovary Syndrome yaitu sebuah penyakit yang menyerang indung telur pada wanita. Wanita yang mengalami penyakit ini biasanya juga akan mengalami kerontokan pada rambutnya. Penyakit ini juga dapat menyebabkan sakit kepala sehingga dapat juga memperparah kerontokan rambut.

  1. Stress

Akibat Rambut Rontok

Kondisi stress memang bukanlah hal yang baik untuk diderita manusia. Konsisi ini menyebabkan banyak masalah pada tubuh manusia. Selain melemahkan kekebalan tubuh manusia, stress juga dapat menyebabkan kerontokan pada rambut. Bagi Anda yang tidak ingin kerontokan rambut menghampiri Anda, sebaiknya jangan sampai Anda mengalami kondisi stress yang berkepanjangan. Gunakan waktu senggang Anda untuk menghilangkan stress dengan cara berlibur, berkumpul bersama teman dan keluarga, atau bisa juga dengan menikmati makanan kesukaan.

  1. Insomnia

Insomnia merupakan sebuah gangguan pada kebiasaan tidur manusia. Biasanya orang yang menderita gangguan ini sulit tidur di malam hari. Gangguan ini ternyata juga dapat menyebabkan masalah kerontokan pada rambut. Sebaiknya Anda selalu tidur dengan tepat waktu serta dengan jumlah waktu yang cukup agar tidak terkena insomnia ini.

Penyebab Rambut Rontok Pada Pria

Selain disebabkan oleh penyakit, ternyata rambut rontok juga banyak disebabkan oleh faktor-faktor lain. Berikut ini beberapa penyebab rambut rontok pada pria.

  1. Hormon tidak seimbang

Seorang pria yang sehat haruslah memiliki hormon yang seimbang, jika tidak, maka rambut yang rontok dapat menyadi salah satu akbatnya. Biasanya hormon yang tidak seimbang pada pria disebabkan oleh stress akibat pikiran

  1. Merokok

Kebiasaan merokok sudah pasti memiliki banyak sekali masalah kesehatan, begitu pula pada kesehatan rambut. Pria yang sering merokok maka rambutnya akan lebih mudah rontok jika dibanding pria yang tidak merokok

  1. Kekurangan Nutrisi

Nutrisi sebenarnya dibutuhkan oleh rambut pria maupun wanita, namun pria ebih sering kekurangan nutrisi rambut karena lebih jarang merawat rambut.

  1. Kurang Zinc

Zinc berfungsi untuk menguatkan rambut hingga ke akarnya, jika seorang pria kekurangan kadar zinc maka rambutnya akan lebih mudah rontok.

Apa Saja Penyebab Rambut Rontok Pada Wanita?

Penyebab rambut rontok memang berbeda beda satu dengan yang lainnya. Termasuk antara pria dan wanita. Berikut ini beberapa penyebab rambut rontok pada wanita.

  1. Hormon DHT

Hormon ini biasanya menyebabkan kerontokan pada rambut wanita saat masa pubertas hingga masaa menopause.

  1. Efek Hamil dan Persalinan

Ketika seorang wanita sedang hamil atau baru saja melakukan persalinan, maka kadar hormon dalam tubuhnya biasanya belum stabil. Oleh karena itulah wanita yang sedang hamil atau setelah persalinan biasanya mengalami kerontokan rambut. Namun hal ini dapat kembali normal setalah kondisi hormon normal.


Pencarian Terkait:

  • apakah penyakit DHT Itu berbahaya
  • Apakah rambut tontok akibat dht itu ada rasa sakit di kepala
  • apakah rontok rambut akibat dari insomnia
  • insomnia menyebabkan rambut rontok
  • makan yang menyebabkan hormon dht tidak stabil
  • penyebab rambut rontok dan susah tidur
  • rambut rontok kita bisa tau juga penyakit kita
  • Rambut rontok sendiri tanpa kita sentuh apakah bisa berhenti
  • rontok saat pubertas

Tinggalkan komentar

error: Maaf, Tidak Diizinkan.
%d blogger menyukai ini: