Cara Menyisir Rambut Yang Benar, Tips Memilih Sisir Rambut

Cara menyisir rambut yang benar

Membahas rambut emang tidak akan ada habisnya. Selalu ada pembahasan seru mengenai rambut. Salah satunya adalah mengenai cara menyisir rambut. Tak banyak orang yang memperhatikan cara menyisir rambut, apalagi bagi seorang pria. Terkadang menyisir rambut terdengar sangat sepele dan tidak membutuhkan perhatian khusus. Namun tahukah Anda bahwa ternyata cara kita menyisir rambut hingga jenis sisir yang kita gunakan dapat mempengaruhi kesehatan dari rambut kita.

Sebagai salah satu penunjang penampilan, rambut haruslah selalu nampak keren sehingga penilaian orang terhadap penampilan kita juga akan baik. Pada dasarya orang menyisir rambutnya dengan tujuan merapikan hingga melakukan styling rambut. Namun terkadang perlakuan tersebut tanpa kita sadari akan merusak rambut kita apabila tidak kita lakukan dengan benar.

Cara Menyisir rambut yang benar

Beberapa masalah akan menghampiri kita apabila kita tidak melakukan penyisiran terhadap rambut dengan benar. Salah satu masalah yang sering kali menghampiri ketika salah dalam menyisir rambut adalah kerontokan rambut. Rambut yang rontok akibat disisir dengan salah memang tidak akan berakibat terlalu fatal, namun tentu saja hal ini akan sangat mengganggu kita karena akan mengurangi ketebalan dari rambut kita. Kemudian rambut kita juga akan menjadi kucut sehingga penampilan kita tidak akan maksimal. tentu kita semua mengharapkan rambut yang indah untuk dipandang bukan? Maka dari itu berikut ini ulasan mengenai cara menyisir rambut yang baik dan benar.

Bagaimana Cara Menyisir Rambut Yang Benar?

Cara menyisir rambut membutuhkan teknik tertentu serta tahapan tertentu yang harus dilakukan agar mendapatkan rambut yang tampil maksimal setelah disisir. Berikut ini beberapa cara menyisir rambut yang baik dan benar.

  1. Lakukan Secara Lembut

Perlakuan yang kasar memang tidak akan bekerja dengan baik pada semua hal. Termasuk saat kita menyir rambut secara kasar. Menyisir rambut secara kasar hanya akan menyakiti rambut kita dan pada akhirnya menyebabkan rambut kita menjadi rontok. Banyak orang yang kasar ketika menyir rambut terutama saat rambut sedang kusut dan terburu buru. Sebaiknya tetap menyisir rambut secara lembut bagaimanapun keadaannya jika ingin rambut tetap sehat dan tidak rontok.

  1. Sisir Seperlunya Saja

Mungkin ada beberapa orang yang beranggapan semakin banyak kita menyisir rambut maka akan semakin baik pula penampilan kita. Namun faktanya rambut yang terlalu sering disisir justru tidak berdampak baik. mengapa bisa demikian? Hal ini karena saat rambut disisir, rambut kita akan tertarik hingga ke akarnya dan ini akan mengakibatkan rusaknya rambut secara keseluruhan. Maka dari itu, mulai sekarang sisirlah rambut Anda secukupnya saja.

  1. Sisir Rambut Saat Keadaan Kering

cara menyisir rambut yang benar

Sebaiknya Anda menunggu hingga rambut benar benar kering terlebih dahulu sebelum menyisirnya. Hal ini disebabkan oleh ketika kita menyisir rambut yang basah akan menyebabkan rambut menjadi lebi mudah kusut dan akhirny menjadi rontok. Sebaiknya juga keringkan rambut secara alami saja dengan diangin anginkan selama beberpa saat, menggosok rambut dengan handuk dengan kasar juga akan merusak rambut.

  1. Jangan Sisir Sampai Akar Rambut

Sangat disarankan untuk menyisir rambut tidak sampai ke akarnya karena akan menyebabkan rambut tertarik sampai ke akarnya sehingga menyebabkan rambut rontok. Sebaiknya Anda memulai menyisir rambut dari ujung rambut terlebih dahulu kemudian baru kebagian tengah.

  1. Pilih Sisir Yang Sesuai

Pemilihan sisir yang sesuai juga sangat penting. Saat ini dipasaran terdapat banyak sekali jenis jenis sisir yang dapat Anda pilih, mulai dari yang bergigi renggang hingga bergigi rapat. Selain itu pastikan juga Anda tidak memilih sisir yang bebahan dasar plastik karena plastik yang digesekkan ke rambut akan menimbulkan listrik statis yang akan merusak rambut.

  1. Gunakan Sisir Yang Bersih

Kebersihan memang menjadi hal yang paling utama. Termasuk kebersihan sisir yang kita gunakan. Hal ini karena sisir bisa saja menjadi perantara berbagai penyakit untuk menyerang rambut kita. Usahakan secara rutin mencuci bersih sisir kita agar kotoran dan debu dapat hilang. Kemudian juga usahakan jangan gunakan sisir secara bersamaan dengan orang lain karena bisa saja menularkan penyakitnya melalui sisir tersebut.

 

Sisir, dan Rambut. Bagaimana Memilih Alat Sisir Yang Baik?

Seperti yang telah sering disinggung diatas, pemilihat alat sisir yang baik sangat penting untuk dilakukan agar rambut kita tetap sehat.

Kalau anda pergi ke sebuah salon kecantikan, maka anda melihat salah satu perbedaan yang jelas dengan tempat rias dirumah Anda, yaitu banyaknya jenis sisir yang tersedia. Mengapa bisa begitu banyak? jika anda perhatikan, sisir ternyata meniru jari-jari tangan kita. Atas dasar itulah industri kecantikan rambut memproduksi berbagai jenis sisir untuk mengoptimalkan dandanan rambut kita. Berikut ini beberapa jenis sisir yang banyak dipasaran.

1. Sisir Bergerigi

Cara Menyisir yang benar



  • Lebih dikenal dengan nama tooth combsisir ini paling sering digunakan untuk menyisir rmbut kita setiap hari.
  • Bentuknya khas yaitu pipih, bergerigi, dan tipis.
  • Ada 2 jenis bergerigi jarang dan bergerigi rapat. Bagi Anda yang gampang rontok, hindari bergerigi rapat. Sementara untuk anda yang suka menyisir rambut dalam keadaan basah, gunakan gerigi jarang.

2. Sisir Sasak

sisir sasak

  • Tail Comb atau sisir sasak memiliki bentuk khas, yaitu rapatnya gerigi pada bagian ujung dan setengahnya berbentuk ekor sisir.
  • Diciptakan khusus untuk menyasak rambut sehingga mudah ditata terutama untuk dandanan sanggul.
  • Bagian ekor yang panjang dan runcing untuk memisahkan bagian rambut atau biasanya membelah kepang rambut.
  • Kelemahanya bisa melukai kulit rambut dan gampang patah.

3. Sisir Garpu

Cara Menyisir yang benar

  • Namanya unik adalah pick comb.
  • Lebih cocok untuk rambut keriting karena memang diciptakan untuk kekusutan pada rambut ikal dan keriting.
  • Untuk dandanan tertentu berfungsi mempertegas gelombang rambut.
  • Geriginya yang jarang paling pas untuk menyisir rambut dalam keadaan basah.

4. Sisir Bulat

Cara Menyisir Rambut yang benar

Sisir ini hanya cocok untuk Anda yang memiliki akar rambut yang cukup kuat. Sisir ini mampu menimbulkan kesan melengkung yang indah.

  • Nama kerennya round brush.
  • Sisir berbentuk rol ini bisa memberi tatanan yang spesial, terutama tatanan rambut ikal.
  • Ada yang berdiameter kecil maupun besar. Sisir yang berdiameter kecil menghasilkan efek keriting kecil, sedangkan yang berdiameter besar menghasilkan efek keriting yang besar.
  • Paling cocok untuk rambut panjang, yaitu memberikan efek gelombang atau keriting dibagian bawah.

Bagaimana Jika Harus Menyisir Rambut Basah?

Sebanarnya bagaimanapun keadaannya sangat tidak dianjurkan untuk menyir rambut dalam keadaan basah. Banyak masalah yang akan mengahmpir kita seperti rambut yang rontok ketika disisir dalam keadaan basah. Berikut ini beberapa hal yang menyebabkan Anda sebaiknya tidak menyisir rambut dalam keadaan basah.

  1. Rambut Rontok Dan Patah

Rambut yang disisir dalam keadaan basah biasanya akan sedikit membengkat dan lebih mudah untuk patah. Selain itu keramas juga menyebabkan pori pori rambut lebih lebar sehingga tentu akan menyebabkan rambut akan semakin mudah tercabut.

  1. Rambut Rusak

Menyisir rambut secara terus menerus akan menimbulkan efek negatif pada rambut kita. Sebaiknya jangan terlalu sering menyisir rambut saat basah.

  1. Rambut Rapuh

Rambut sehabis keramas biasanya akan lebih rapuh karena terpapar berbagai zat kimia. Rambut yang rapuh tentu saja tidak dianjurkan untuk disisir, sebaiknya tunggu sampai kering terlebih dahulu untuk mengembalikan elastisitas rambut.

Namun jika Anda terpaksa menyisir rambut dalam keadaan basah maka ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan

  1. Gunakan Pengering Rambut

Mungkin bagi Anda seorang pekerja yang tidak memiliki banyak waktu untuk menunggu rambut Anda kering secara alami maka Anda dapat menggunakan hair dryer untuk mengeringkan rambut, namun yang perlu diingat alat ini menghasilkan panas sehingga harus tepat penggunaannya.

  1. Pilih Sisir Yang Sesuai

Saat menyisir rambut yang basah, gunakan sisir dengan gerigi yang lebih jarang sehingga rambut terhindar dari kusut serta tidak mudah rontok.

  1. Jangan Terlalu Sering

Sebaiknya atur waktu Anda sebaik baiknya ketika hendak keramas. Pastikan Anda memiliki cukup waktu untuntuk mengeringkan rambut terlebih dahulu sebelum beraktivitas.

 

Tips Rambut Cantik dan Sehat : Jus Woryam (Wortel+Bayam)

Jus untuk kesehatan rambut

Bahan:

  • 1 buah wortel ukuran sedang, dikupas.
  • 10 lembar daun bayam.
  • 2 sdm madu.
  • Es batu secukupnya.

Cara Membuatnya

  1. Blender wortel hingga halus.
  2. Setelah halus, tambahkan daun bayam dan es batu.
  3. Tambahkan madu, kemudian tuang dalam gelas dan sajikan dingin.

Tips Rambut Cantik dan Sehat : Jus Jertel (Jeruk+Wortel)

Jus wortel jeruk

Bahan:

  • 2 jeruk sunkist (diambil airnya)
  • Wortel 10 cm
  • 1 sdm jeruk nipis
  • 2 sdm madu
  • Es batu secukupnya

Cara Membuatnya:

  1. Masukkan air jeruk sunkist dan wortel ke dalam blender.
  2. Tambahkan jeruk nipis.
  3. Tambahkan es batu dan madu.
  4. Tuang dalam gelas dan sajikan dingin.

Pencarian Terkait:

  • foxyanya di sisir rsmbutnya
  • Cara sisir rambut
  • bagaimana cara memilih madu yang benar
  • cara menyisir rambut
  • cqra menyisir rambut
  • cara menyisir rambut yang benar
  • cata menyisir rambut yang benar
  • cara menyisir rambut pria yang benar
  • apakah menyisir rambut dengan sisir setiap detik bisa memanjangkan rambut
  • bagaimana caranya sisir rambut

Tinggalkan komentar

error: Maaf, Tidak Diizinkan.
%d blogger menyukai ini: