Cara Mengatasi Rambut Rontok

10 Cara Ampuh Mengatasi Rambut Rontok

Cara Mengatasi Rambut Rontok. Rambut merupakan mahkota yang dimiliki setiap orang, bukan cuma bagi wanita, akan tetapi juga bagi kaum lelaki. Dengan rambut yang sehat dan terawat akan mendukung penampilan Anda dan menambah rasa percaya diri seseorang. Tapi sayangnya, berbagai masalah kerusakan rambut sering dialami oleh sebagian orang seperti; rambut rontok, rambut berketombe, rambut bercabang, rambut botak, sampai rambut beruban di usia muda. Semua masalah tersebut harus segera ditangani dengan cepat dan tepat, agar kerusakan rambut tidak semakin kritis. Perawatan rambut pun membutuhkan ketelatenan dan keteraturan.

Kerontokan rambut sebenarnya merupakan hal yang wajar terjadi, namun rambut rontok yang melebihi batas wajar dapat berujung pada kebotakan. Anda wajib waspada jika mengalami kerontokan rambut dengan jumlah lebih dari 100 helai per hari. Karana hal tersebut bisa membuat penipisan rambut atau bahkan kebotakan.

Cara Mengatasi Rambut Rontok

Untuk itu, upaya pencegahan dan penanganan perlu dilakukan sedini mungkin agar kebotakan dapat dihindari. Nah sebelum melakukan pembahasan mengenai upaya dan cara mengatasi rambut rontok sebaiknya Anda mengetahui berbagai penyebab rambut rontok sebagai berikut ini;

Cara Mengatasi Rambut Rontok Kenali Penyebabnya

Selain permasalahan rambut bercabang, kerontokan rambut juga menjadi salah satu problema yang kerap dialami para wanita ataupun pria. Ada beberapa hal yang dapat menjadi penyebab rambut rontok seperti; perubahan hormon, penggunaan bahan kimia, alat penata rambut, stress, dan mengkonsumsi berbagai obat-obatan yang menyebabkan kerontokan rambut. Berikut Ulasanya. Baca Juga Penyebab Rambut Rontok Pada Pria

1. Makanan Berminyak

Gorengan

Makan makanan berminyak misalnya gorengan menyebabkan masalah kerontokan rambut. Kandungan lemak trans pada makanan yang digoreng sangatlah tinggi sehingga mampu menjadikan keseimbangan hormon terganggu dan justru malah membuat kekuatan rambut menjadi lemah yang memicu pada kerontokan. Selain itu gorengan juga bisa menyebabkan kulit berminyak dan berjerawat.

2. Penggunaan Alat Rambut

Cara Mengatasi Rambut Rontok

Hindari mencatok rambut pada keadaan rambut basah.  Tunggulah beberapa saat hingga keadaan rambut Anda benar-benar kering.  Apalagi sampai mengeluarkan uap, suara mendesis.  Mencatok rambut pada saat basah menghilangkan kelembaban alami rambut atau folikel rambut dan membuat rambut rusak.

3. Pengaruh obat-obatan Medis

Cara Mengatasi Rambut Rontok

Mengkonsumsi obat-obatan medis juga menyebabkan berbagai masalah pada rambut termasuk rambut rontok. Berbagai obat yang dapat membuat kerontokan pada rambut diantaranya ialah Obat kemoterapi, Antidepresan, psoriasis, dan Pil KB.

  • Obat Kemoterapi.

    Obat kemoterapi merupakan antibiotik yang dapat memicu timbulnya kerontokan rambut. Secara medis obat ini bekerja efektif membunuh sel kanker. Namun dibalik keampuhan obat ini mengatasi sel kanker, obat ini memiliki efek samping menyerang jaringan lain seperti folikel rambut. Pasien akan mulai kehilangan rambut sekitar 2 – 3 minggu setelah pengobatan.

  • Antidepresan.

    Obat ini juga memiliki efek samping terhadap kerontokan rambut. Fuoxetine atau Prozac adalah antidepresan yang paling sering menyebabkan rambut rontok. Selain itu ada juga efek yang sama pada antidepresan yang trisiklik, termasuk imipramineamitriptyline dan doxepin. Pasien tidak perlu panik, karena rambut mereka akan tumbuh lagi.

  • Obat psoriasis.

    Obat ini mengganggu struktur folikel rambut, yang menghasilkan pigmen melamin dan tekstur rambut. Rambut akan kembali ke bentuk aslinya ketika pengobatan berakhir.

  • Pil KB.

    Banyak ibu rumah tangga mengalami kerontokan rambut setelah berhenti minum pil KB setelah konsumsi jangka panjang. Secara teori, pil kontrasepsi oral berbasis progesteron, mengandung senyawa yang disebut anti-androgen. Senyawa ini mengurangi risiko rambut rontok pada wanita yang rentan. Tapi, ketika wanita tersebut berhenti minum pil KB, terjadi rambut rontok atau makin memburuk.

 

4. Pengaruh Hormon

Pola kerontokan rambut akibat hormon dikenal dengan istilah medis sebagai alopesia androgenik. Hormon yang berpengaruh pada proses terjadinya kerontokan rambut ialah hormon DHT (dihydrotestosterone). Hormon DHT dihasilkan oleh hormon progesteron.  DHT akan menyebabkan folikel rambut menyusut sehingga lama kelamaan rambut akan rontok. DTH ini akan membuat sel folikel rambut menjadi menyusut, sehingga rambut menjadi sangat mudah rontok.

 

5. Malnutrisi atau Kekurangan Nutrisi

Disamping faktor hormon, kurangnya asupan gizi di dalam tubuh atau malnutrisi ternyata juga menjadi faktor yang menyebabkan rambut mudah rontok. Sel-sel folikel rambut dan kulit kepala tentunya memerlukan suplai nutrisi yang cukup agar mereka dapat berkembang dan tumbuh dengan baik. Kerontokan rambut pada umumnya disebabkan karena kurang asupan; protein, vitamin B12, asam folat, dan zat besi. Dalam setiap proses pertumbuhan, tubuh manusia membutuhkan bantuan protein, demikian juga dalam pertumbuhan rambut. Sebanyak 97 persen struktur rambut adalah protein, Kekurangan protein dapat menyebabkan rambut rontok dan mudah patah. Untuk memenuhi kebutuhan harian protein Anda, konsumsilah minimal 100 gr protein per hari, yang bisa Anda dapat dari menu makanan sehari-hari seperti; daging, ikan, telur, susu, kacang-kacangan, mentega, dan lainnya.

 

6. Pengaruh Bahan Kimia

Sering mewarnai rambut atau berganti-ganti mewarnai rambut dapat menyebabkan resiko rambut rontok akan semakin besar. Zat pewarna rambut mengandung zat kimia yang tidak baik bagi kesehatan rambut. Pemakaian dalam jangka lama dan terus menerus akan membuat zat kimia pada pewarna rambut terakumulasi pada sel kulit rambut. Dan akibatnya, rambut menjadi semakin rusak dan membuat rambut menjadi lebih rapuh dan sangat rentan patah, sehingga membuat rambut menjadi rontok. Stop dari sekarang penggunaan produk pewarnaan rambut merupakan solusi tepat cara mengatasi rambut rontok yang disebabkan pengaruh bahan kimia.

 

7. Faktor Genetik.

Jika kamu memiliki orang tua dengan riwayat kebotakan, maka tentu saja kemungkinan kamu akan mendapatkan hal yang sama cukup besar. Biasanya, anak laki-laki lebih rentan mengalami hal ini dibandingkan dengan perempuan. Cara mengatasi rambut rontok yang disebabkan oleh faktor genetik atau faktor keturunan ialah dengan cara memenuhi asupan gizi dan nutrisi untuk rambut dengan baik, nutrisi rambut yang terpenuhi dengan baik membuat kerontokan rambut karena masalah keturunan berkurang secara drastic. Pada hakikatnya masalah kerontokan rambut karena keturunan tidak bisa diobati hingga sembuh namun anda dapat melakukan berbagai pencegahan agar kerontokan tidak semakin parah.

 

8. Stress

Hindari Stress untuk mengatasi rambut rontok

Stress merupakan faktor penyebab utama  rambut menjadi mudah rontok. Ketika seseorang mengalami stres berat, folikel rambut menjadi prematur dan diikuti dengan kerontokan rambut. Tubuh yang mengalami stres akan mengalihkan semua sumber dayanya untuk aktivitas yang diperlukan, ini berarti kurangnya perhatian kepada pertumbuhan dan pemeliharaan rambut, tidak heran jika Anda mengalami kerontokan. Hindari stress dan kelelahan karena keduanya akan mengakibatkan kerontokan rambut semakin parah.  Cara mengatasi rambut rontok karena Stress yang paling gampang ialah melakukan istirahat yang cukup, berbagai macam relaksasi seperti; dengan yoga, pijat, musik, membaca, dan melatih pikiran positif.

 

9. Pertambahan Usia

Faktor rontoknya rambut yang satu ini memang tidak bisa dihindari karena seiring bertambahnya usiamu, maka semakin tipis pula sel folikel rambut sehingga rambut menjadi lebih mudah patah. Namun, kamu bisa memperkecil frekuensi rontoknya rambut dengan mengkonsumsi makanan tinggi protein, zat besi, zinc, dan vitamin.

Rambut rontok memang kadang dianggap hal yang sepele dan sering terjadi pada banyak orang. Namun dibutuhkan cara mengatasi rambut rontok yang benar-benar jitu karena bila dibiarkan maka bisa menyebabkan kebotakan. Tentunya rambut sebagai mahkota akan berkurang keindahannya. Rambut rontok bisa disebabkan karena banyak faktor seperti:

  • Penggunaan produk perawatan rambut yang tidak cocok dengan kondisi rambut itu sendiri.
  • Terlalu sering mewarnai rambut.
  • Menggunakan produk-produk berbahan kimia yang membahayakan kesehatan rambut.
  • Kurang konsumsi makanan bernutrisi.
  • Faktor kesehatan seperti stres berkepanjangan.
  • Efek kemoterapi dan konsumsi obat-obatan tertentu, dll.

Tips Cara Mengatasi Rambut Rontok Melalui Asupan Makanan

 

Cara mengatasi rambut rontok berikutnya ialah dengan dengan memenuhi asupan makanan sehat pada menu harian makanan Anda. Jenis makanan yang Anda konsumsi akan sangat membantu dalam mengatasi masalah rambut rontok. Perbanyak konsumsi makanan yang sehat dan bernutrisi. Penuhi kebutuhan gizi harian mulai dari protein, vitamin, mineral, dll.

Tubuh yang sehat bisa terlihat dari rambut yang sehat dan berkilau. Maka untuk menutrisi rambut agar sehat dan tidak rontok, tubuh lah yang pertama harus diperhatikan kesehatannya. Rambut yang kekurangan keratin lebih mudah rusak dan rontok. Oleh karena itu, konsumsilah makanan sumber protein seperti daging, telur, seafood, dll.

Berikut ini adalah bebagai sumber makanan yang kaya akan protein yang dianjurkan bagi kesehatan rambut Anda.

  1. Kedalai dan Kacang Merah.

    Mengatasi Rambut Rontok
    Makanan kaya protein lain yang dianjurkan untuk mencegah rambut rontok adalah jenis kacang-kacangan, terutama kacang kedelai dan kacang merah. Kedua jenis kacang-kacangan ini memiliki kandungan protein tinggi sangat disarankan untuk memenuhi nutrisi rambut agar kesehatan alami rambut terjaga dengan baik. Makanan olahan kacang kedelai antara lain tempe, tahu, susu kedalai dll. Jika kamu mau mengatasi rambut rontok, kacang-kacangan merupakan salah satu jenis makanan yang harus kamu konsumsi. Hal ini dikarenakan kacang-kacangan mengandung asam lemak omega-3 yang sangat tinggi. Nah, omega-3 ini akan bermanfaat untuk memperkuat rambut, sehingga akan mengurangi rambut rontok.
    Sebuah studi yang telah dipublikasikan dalam Journal of Cosmetic Dermatology telah memberikan buktinya. Pada studi tersebut, sekitar 90% wanita yang secara rutin mengkonsumsi makanan dengan kandungan omega-3 yang tinggi selama 6 bulan mengalami penurunan dalam hal rambut rontok.

  2. Kerang atau Tiram

    Mengatasi Rambut Rontok
    Kerang merupakan jenis makanan yang memiliki kandungan zinc yang paling tinggi dibandingkan dengan jenis makanan lainnya. Oleh sebab itulah yang membuat kerang memiliki kemampuan yang sangat ampuh sebagai salah satu cara mengatasi rambut rontok yang efektif melalui makanan. Zinc merupakan salah satu mineral yang sangat bermanfaat untuk memperkuat folikel rambut, sehingga rambut menjadi tidak mudah rontok.
    Dalam studi ilmiah yang telah dipublikasikan dalam US National Library of Medicine National Institutes of Health menyimpulkan bahwa bila seseorang yang kekurangan zinc di dalam tubuh mereka akan mengalami kerontokan rambut yang lebih banyak dibandingkan orang dengan kadar zinc yang mencukupi. Jadi, sangatlah penting untuk memenuhi kebutuhan zinc di dalam tubuh dan mengkonsumsi kerang merupakan pilihan paling baik.

  3. Daging Ayam.

    Asupan nutrisi kaya protein juga bisa Anda dapatkan pada daging Ayam. Daging Ayam juga kaya zat besi dan vitamin B yang menutrisi memperkuat rambut dari akarnya, sehingga rambut tidak mudah rontok.

  4. Telur.

    Telur merupakan sumber protein tinggi selain kalori dan lemak. Dalam satu butir telur juga mengandung selenium, zat besi, seng dan belerang. Kandungan ini berfungsi untuk menambah asupan oksigen pada folikel rambut. Hal itu karena rambut kita merupakan organ yang juga bernapas.

  5. Buah-Buahan

    Selain kaya akan serat,  buah-buahan  juga memiliki khasiat yang baik sebagai cara mengatasi rambut rontok. Seperti yang sudah diterangkan diatas, kulit kepala dan juga sel folikel rambut membutuhkan asupan nutrisi yang cukup setiap harinya, sehingga rambut akan semakin kuat dan tumbuh dengan sehat. Buah-buahan mengandung berbagai macam nutrisi dan juga mineral yang akan bermanfaat untuk memperkuat rambut dan memberikan asupan nutrisi ke kulit kepala.

  6. Ikan Salmon. 

    Cara Mengatasi Rambut Rontok
    Ikan salmon merupakan jenis ikan yang memiliki nutrisi paling banyak, termasuk kandungan protein dan vitamin D, yang berguna supaya rambut semakin kuat dan juga mengatasi kerontokan rambut. Omega pada salmon ini juga mampu meningkatkan level serotonin, berkhasiat menjaga kesehatan kulit kepala. Kandungan antioksidan pada ikan salmon akan membuat vitamin C dan E bekerja lebih lama sehingga mampu meningkatkan kesehatan rambut secara alami.
    Selain itu, ikan salmon juga mengandung asam lemak omega-3 yang juga akan bermanfaat untuk memperkuat rambut. Keuntungan lainnya, ikan salmon juga tidak memiliki kalori yang tinggi, sehingga kamu bisa mengkonsumsi makanan ini tanpa khawatir akan mengalami obesitas dan dampak buruk lainnya.

  7. Banyak Minum Air Putih

    Selain mengkonsumsi makanan sehat, penting juga untuk memastikan kebutuhan cairan tubuh terpenuhi dengan minum air minimal 2 liter/hari. Banyak sekali manfaat Air putih untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan karena membantu menyeimbangkan metabolisme tubuh. Metabolisme yang sehat memungkinkan darah mengalir ke kepala dan mendistribusikan oksigen yang dibutuhkan oleh kulit kepala secara maksimal, proses ini bisa membantu menghidrasi kulit kepala dengan baik.

Perbanyak konsumsi makanan yang sehat dan bernutrisi. Penuhi kebutuhan gizi harian mulai dari protein, vitamin, mineral, dll. Tubuh yang sehat bisa terlihat dari rambut yang sehat dan berkilau. Maka untuk menutrisi rambut agar sehat dan tidak rontok, tubuh lah yang pertama harus diperhatikan kesehatannya. Rambut yang kekurangan keratin lebih mudah rusak dan rontok. Oleh karena itu, konsumsilah makanan sumber protein seperti daging, telur, seafood, dll.

Cara Mengatasi Rambut Rontok Dengan Bahan Alami

Selain Cara Mengatasi Rambut rontok diatas, rambut rontok (hair loss) yang terjadi pada banyak orang, bisa diatasi selain cara mengatasi rambut rontok menggunakan asupan makanan dari dalam juga bisa dari luar, yaitu menggunakan bahan bahan alami yang bisa dengan mudah Anda dapatkan disekitar kita, diantaranya adalah Buah Kemiri (Aleurites moluccana W), Lidah Buaya (Aloe Vera). Bahan bahan alami, seperti kemiri, lidah buaya, buah apel dan madu yang di ekstrak kemudian di buat tonik rambut atau krim terbukti dapat mempercepat pertumbuhan rambut.  Bahan-bahan alami seperti kemiri, lidah buaya, buah apel dan madu yang di ekstrak kemudian di buat tonik rambut atau krim terbukti dapat mempercepat pertumbuhan rambut.

  1. Buah Kemiri (Aleurites moluccana W).

    Agar rambut panjang dengan minyak kemiri
    Buah kemiri merupakan salah satu tanaman tahunan yang termasuk dalam famili Euporbiaceae (jarak-jarakan). Masa panen tanaman buah kemiri bisa mencapai 25-40 tahun. Ketinggian pohon buah kemiri bisa hingga sampai 40 m. Daun kemiri berwarna hijau sepanjang tahun yang menghasilkan buah kemiri, daging buahnya kaku dan mengandung 1-2 biji yang diselimuti oleh kulit biji yang keras.
    Kemiri mengandung sejumlah zat kimia yang berkhasiat untuk menyuburkan rambut, mengatasi rambut rontok, dan menghitamkan rambut secara alami.

    Gunakan minyak kemiri untuk mengatasi rambut rontok. Minyak kemiri bisa dibuat sendiri ataupun membeli yang sudah jadi. Pembuatan minyak kemiri bisa dilakukan sendiri yaitu dengan cara kemiri di sangrai, dihaluskan kemudian diperas.  Usapkan beberapa tetes minyak kemiri pada rambut mulai dari akar sampai ujungnya. Kemudian, diamkan selama 20-30 menit. Setelah itu, bilas rambut sampai bersih menggunakan shampo seperti biasa. Ulangi perawatan ini seminggu sekali atau dua kali.

  2. Lidah buaya (Aloe Vera).

    Cara Mengatasi Rambut Rontok
    Lidah buaya dapat mengurangi kerontokan rambut dan menguatkan akar rambut. Karena lidah buaya mengandung zat-zat yang bermanfaat untuk mengurangi kerontokan rambut seperti V itamin A, C, asam amino, Cu, Inositol, enzim, mineral dan lain-lain. Kupas kulit lidah buaya, lalu ambil lendir atau gel yang ada di dalamnya. Oleskanlah lendir lidah buaya tsb pada kulit kepala, biarkanlah selama kurang lebih  30 menit. Pijit pelan kepala secara merata agar rata lendir lidah buaya tersebut menyebar pada area permukaan kulit kepala. Setelah selesai segera bilas rambut Anda. Disarankan dilakukan pada saat selesai keramas.

  3. Buah Apel.

    Cara Mengatasi Rambut Rontok dengan Ekstrak Apel
    Apel juga merupakan solusi cara mengatasi rambut rontok dengan bahan alami karena didalam daging apel mengandung suatu senyawa yang bernama procyanin B-2. procyanin B-2 memiliki aktivitas yang sama dengan monoksidil yaitu meningkatkan aktivitas pertumbuhan sel folikel rambut dan merangsang perubahan siklus rambut dari fase telogen menjadi fase anagen dengan cara menurunkan level Protein Kinase C (PKC),
    dalam sitosol dan menghambat translokasi isoenzim ke dalam fraksi sel-sel epitel rambut.

  4. Ekstrak Buah Alpukat Dan Madu.

    Cara Menumbuhkan rambut dengan alpukat
    Bahan alami lain yang dapat digunakan untuk mengatasi kerontokan rambut adalah ekstrak buah alpukat mengandung asam lemak tak jenuh tunggal (asam oleat). Asam oleat berfungsi memperlambat kerontokan dan mempercepat pertumbuhan rambut. Asam oleat merupakan antioksidan untuk melindungi rambut dari ancaman produk perawatan rambut yang berbahan kimia, polusi dan perlakuan buruk terhadap rambut serta rambut yang rusak karena kurang nutrisi.
    Kandungan penting dalam buah alpukat adalah asam oleat. Asam oleat dapat memperlambat kerontokan dan mempercepat pertumbuhan rambut. Asam oleat merupakan asam lemak tak jenuh tunggal yang bersifat antioksidan kuat. Kandungan asam lemak tunggal dan protein yang tinggi pada alpukat berkhasiat untuk pertumbuhan rambut, sehingga rambut tumbuh subur dengan berkilau. Selain itu antioksidan dalam alpukat dapat melindungi rambut dari ancaman produk perawatan rambut berbahan kimia, polusi dan rambut yang rusak karena gizi buruk.
    Buah alpukat dapat dijadikan bahan aktif tonik rambut dengan cara diekstrak, salah satu cara mengekstrak buah alpukat adalah dengan menggunakan ekstraksi pelarut sehingga menghasilkan ekstrak buah alpukat.
    Madu mengandung pinocembrin. Pinocembrin merupakan antioksidan yang penting bagi kesehatan rambut, karena antioksidan mampu meremajakan dan memperbaiki sel-sel rambut yang rusak, menghasilkan jaringan kulit yang kondusif untuk pertumbuhan rambut, dan memperlancar sirkulasi darah yang diperlukan untuk rambut, sehingga rambut menjadi kuat dan tidak kusam.
    Ekstrak buah alpukat dan madu merupakan bahan alami yang sering digunakan untuk campuran kosmetik perawatan kulit dan rambut, serta dapat digunakan langsung pada kulit dan rambut. Ekstrak buah alpukat dan madu telah diketahui oleh banyak orang sebagai bahan alami yang sangat berguna untuk merawat serta menyehatkan kulit kepala dan rambut, karena memiliki banyak kandungan nutrisi.

  5. Seledri.

    Cara Menumbuhkan Rambut
    Seledri memiliki manfaat untuk menyuburkan rambut, terutama pada batang dan daun mengandung berbagai AntioksidanNatrium, vitamin A dan B, kalsium, dan zat besi, dan senyawa kimia poliasetilena yang berfungsi sebagai anti-jamur dan anti-bakteri.  Dengan Kandungan yang baik pada seledri inilah yang membuat seledri sangat bagus sebagai cara menumbuhkan rambut rontok dan merangsang pertumbuhan rambut dan menjaga rambut tetap sehat serta berkilau. Anda pun bisa membuat sendiri masker rambut seledri. Caranya, ambil dan bersihkan beberapa batang seledri kemudian haluskan dan campur sedikit air. Peras seledri yang telah dihaluskan tersebut dan simpan airnya diwadah atau botol. Kemudian simpan semalaman dan gunakan air perasan seledri tersebut dipagi hari pada rambut secara merata. Diamkan selama 20-30 menit kemudian bilas sampai bersih.

  6. Minyak Kelapa.

    Menebalkan Rambut Secara Alami menggunakan Santan
    Minyak kelapa sangat bagus sebagai cara menebalkan rambut dan tentunya membuatnya lebih sehat. Sebenarnya minyak kelapa tidak hanya baik untuk rambut tapi juga untuk kulit. Nah, anda bisa memanfaatkan khasiatnya dengan cara memijat halus kulit kepala menggunakan minyak kelapa. Anda bisa melakukannya dimalam hari. Sebelum tidur, pijat kulit kepala menggunakan minyak kelapa selama beberapa menit. Kemudian diamkan sampai keesokan harinya dan anda bisa keramas dipagi harinya. Lakukan perawatan rutin ini minimal seminggu sekali. Gunakan minyak kelapa dengan memakainya pada rambut sekitar 30-60 menit sebelum keramas. Oleskan minyak hingga kulit kepala dengan gerakan memutar sambil dipijat perlahan. Lalu tutupi dengan handuk lembap sebelum mencucinya.

  7. Bawang Putih.

    Cara Mengatasi Rambut Rontok Dengan Bawang Putih
    Keutamaan bawang putih ialah kandungan sulfur yang sangat tinggi. Kandungan sulfur dari bawang putih akan sangat bermanfaat untuk memperkuat sel folikel rambut dan memicu pertumbuhan sel folikel rambut, sehingga rambutmu akan semakin kuat dan tidak mudah rontok. Selain itu, bawang putih juga memiliki kandungan antibakteri yang akan sangat bermanfaat untuk mengatasi berbagai bakteri yang dapat menyebabkan infeksi di kulit kepala.

  8. Teh Hijau 

    Menebalkan rambut dengan teh hijau
    Ada juga penggunaan teh hijau sebagai cara menebalkan rambut. Selain bisa diminum, teh hijau juga bisa dijadikan sebagai produk perawatan rambut alami. Caranya mudah yaitu seduh teh hijau dengan air panas kemudian diamkan semalaman. Lalu gunakan air teh hijau tersebut untuk dioleskan pada rambut secara merata sebelum anda keramas. Kemudian diamkan 15-20 menit barulah anda keramas seperti biasa. Perawatan ini bisa dilakukan 1-2 kali dalam seminggu.  Selain cara diatas, ada beberapa cara lain perawatan rambut rontok dengan teh hijau yang sangat mudah. Berikut ini langkah langkah yang harus sahabat lakukan untuk mendapatkan manfaat teh hijau untuk rambut:

    • Tambahkan teh pada setengah gelas air panas kemudian rebus sebentar.
    • Diamkan air rebusan teh tersebut selama satu malam hingga dingin dan basi.
    • Gunakan air seduhan teh hijau setelah memakai sampo pada saat keramas.
    • Oleskan merata ke seluruh bagian rambut dan kulit kepala, pijat secara lembut dan perlahan.
    • Diamkan sekitar 15 menit kemudian bilas dengan air hingga bersih.
    • Lakukan secara rutin 2 minggu sekali agar hasil yang didapatkan lebih optimal.

Mengatasi rambut rontok memang membutuhkan kesabaran. Namun dengan melakukan perawatan secara rutin maka hasilnya pun bisa terlihat seminggu setelah perawatan. Gunakan salah satu dari cara mengatasi rambut rontok diatas dan lihat hasilnya setelah 3-4 kali perawatan.

 

Cara Mengatasi Rambut Rontok Setelah Melahirkan

Kerontokan setelah melahirkan atau Postpartum Hair Loss merupakan hal yang normal terjadi, dan biasanya berlangsung hanya sebentar. Pertumbuhan rambut akan kembali normal setelah 6-12 bulan pasca persalinan Bunda.

Kerontokan rambut setelah melahirkan disebabkan oleh perubahan hormon, yaitu akibat meningkatnya hormon estrogen yang terjadi selama kehamilan. Hormon estrogen memperpanjang fase pertumbuhan rambut, sehingga rambut terasa lebih tebal ketika hamil. Setelah persalinan, hormon kembali normal dan fase pertumbuhan rambut akan kembali lagi, ditandai dengan terjadinya kerontokan.

Berdasarkan penelitian ahli kesehatan rambut sekitar 50% wanita hamil mengalami kerontokan rambut setelah melahirkan. Kerontokan rambut yang terjadi pasca melahirkan, akan kembali menjadi normal. Kecuali jika ibu mengalami depresi pasca melahirkan. Kerontokan rambut yang terjadi pasCa melahirkan, akan dapat pulih kembali menjadi normal. Kecuali, jika terus mengalami kerontokan, perlu dilakukan penelitian medis seperti pemeriksaan darah. Faktor lain yang bisa menyebabkan kerontokan rambut, menurut Philip adalah masalah depresi paska melahirkan.

Tips Cara Mengatasi Rambut Rontok Setelah Melahirkan

Mengatasi Rambut Rontok Setelah Melahirkan

Rajin mencuci atau keramas adalah cara yang paling sederhana dalam merawat rambut, gunakan juga produk yang cocok sesuai jenis rambut Anda. Gunakan sampo dan pelembab yang bersifat menambah volume. Sampo jenis ini biasanya mengandung protein untuk melapisi rambut agar tampak lebih ‘penuh’.
Hindari sampo sekaligus pelembab (conditioner). Sampo jenis ini biasanya mengandung pelembab yang berat (heavy conditioner) yang dapat membuat helai-helai rambut turun dan tampak lepek.
Konsumsi makanan yang bernutrisi dan berprotein juga penting untuk dilakukan. Protein sangat baik untuk kesehatan rambut, untuk itu pastikan Anda mendapatkan asupan protein dalam jumlah yang cukup dalam asupan makanan.
Hindari juga penggunaan pelembab intensif (intensive conditioner), juga karena sifatnya memberatkan rambut. Oleh karena penyebab kerontokan rambut adalah terjadinya perubahan hormon, maka hal ini tidak mungkin dihindari dan dihentikan. “Namun, Anda dapat mendorong pertumbuhan kembali lebih cepat dengan memijat kulit kepala setiap pagi selama 1-2 menit sebelum keramas juga menerapkan stimulant scalp mask”

Cara Mengatasi Rambut Rontok Lakukan Kebiasaan Ini

Cara mengatasi rambut rontok dibawah ini cukup mudah dilakukan tanpa mengeluarkan biaya, yang Anda perlukan cukup rutin melakukanya sebagai sebuah habit atau kebiasaan sehari-hari. Kebiasaan berikut ini sangat membantu agar rambut kamu lebih kuat dan tidak mudah rontok. Penasaran kebiasaan apa sajakah yang akan bermanfaat untuk mengatasi rambut rontok? Berikut ulasannya untukmu.

1. Sisir Rambut Sebelum Tidur

Cara Memanjangkan Rambut

Biasanya hal yang dilakukan wanita pada malam hari sebelum tidur, ialah memakai krim malam atau night cream pada area wajah dan mengoles body lotion. Namun tahukan Anda bahwa menyisir rambut sebelum tidur memiliki banyak manfaat baik bagi rambut panjang Anda. Memang tidaka banyak wanita yang melakukakan kebiasaan ini. Oleh karena itu, sebelum tidur biasakanlah beberapa menit untuk menyisir rambut Anda, dengan menyisir rambut panjang anda sebelum tidur mencegah rambut kusut di pagi hari. Tidak sekedar itu saja, menyisir sebelum tidur akan mengurangi jamur, kotoran dan mencegah ketombe pada kulit kepala. Dengan menyisir rambut sebelum tidur, kita juga membantu memindahkan minyak alami dari kulit kepala supaya menyebar merata sehingga rambut dan tetap lembab pada keesokan harinya.

Hindari hal-hal yang bisa membuat anda stres atau mengalami ketidakseimbangan produksi hormon seperti begadang, makan sembarangan, sering dehidrasi, dsb. Hal-hal tersebut bisa mengganggu metabolisme tubuh dan mempengaruhi juga pertumbuhan rambut. Jadi, pastikan untuk selalu menerapkan hidup sehat. Rambut yang sehat dan berkilai juga menjadi cerminan tubuh yang sehat.

 Memakai Sarung Batal Berbahan Sutra

Cara Memanjangkan Rambut

Bila dibandingkan dengan sarung bantal berbahan katun (cotton), harga sarang bantal bahan memang sedikit lebih mahal. Tapi tidak ada salahnya Anda mencoba untuk menggunakan sarung bantal berbahan sutra. Sarung bantal berbahan sutra memiliki banyak manfaat baik kesehatan rambut dan sebagai salah satu cara mengatasi rambut rontok. Dengan menggunakan bahan sutra atau satin akan mengurangi gesekan yang menyebabkan rambut patah, bercabang, dan rambut rontok.

 

3. Memijat Kulit Kepala

Cara Memanjangkan Rambut

Memijat kepala juga merupakan terapi kesehatan yang bertujuan untuk meningkatkan sirkulasi pada kulit kepala. Memijit kepala dengan jari selama lima hingga 20 menit dalam sehari dapat menstimulasi pertumbuhan rambut agar cepat pajang. Untuk melakukan pijatan pada kepala gunakan ujung jari untuk menggosokkan kulit kepala dengan melingkar.

Anda juga bisa melakukan pemijatan secara rutin pada bagian kepala sambil menggunakan minyak alami seperti minyak zaitun maupun minyak kelapa murni. Pijat kulit kepala selama 5-10 menit menggunakan minyak tersebut kemudian diamkan selama 20-30 menit. Baru kemudian dibilas sampai bersih. Perawatan ini bisa dilakukan minimal satu minggu sekali sampai dua kali. Ini bisa membuat kulit kepala lebih sehat, begitupun dengan rambutnya.

 

2. Olahraga

Olah Raga

Walaupun tidak berkaitan secara langsung, namun dengan rutin melakukan olahraga bisa mempengaruhi pertumbuhan rambuat Anda menjadi lebih kuat dan tidak mudah rontok. Pada saat tubuh Anda melakukan aktivitas olahraga, maka otak akan memproduksi hormon endorfin. Hormon endorfin ini akan memberikan rasa bahagia di dalam dirimu, sehingga kadar stress bisa menurun.

Jika kadar stress menurun, maka tentu saja sirkulasi darah ke kulit kepala akan semakin lancar. Jika sudah begitu, maka sel folikel rambut pun akan semakin kuat dan rambut yang rontok pun akan semakin sedikit.

 

5. Menggunakan Shower Cap Saat Mandi

Cara Memanjangkan Rambut

Penutup kepala atau shower Cap yang biasa digunakan pada saat mandi juga bermanfaat untuk mencegah rambut rontok. Dengan tidur menggunakan shower cap atau penutup kepala untuk mandi akan merangsang produksi minyak pada kulit kepala yang mendorong pertumbuhan rambut. Ladie juga bisa menambahkan vitamin rambut pada saat menggunakan shower cap sebelum tidur.

Tips Tambahan Cara Mengatasi Rambut Rontok

Disamping tips cara mengatasi rambut rontok yang telah disebutkan diatas, ada beberapa tips mudah lainya agar kesehatan rambut Anda optimal. Berikut beberapa tips sederhana cara mengatasi rambut rontok;

  • Perlakukanlah rambut Anda secara lembut. Jangan menggosok rambut secara kasar dengan menggunakan handuk ataupun tangan. Hindari juga mengeringkan rambut dengan cara menggosokkan handuk pada rambut yang masih basah.
  • Biasakan memakai sisir dengan ujung sikat yang halus dan betuknya melebar. Menggunakan sisir dengan sikat yang kasar akan membut rambutmu mudah patah dan rontok.
  • Hindari menyisir ketika rambut masih dalam keadaan basah. Menyisir atau menata rambut pada saat basah bisa merusak dan membahayakan kesehatan rambut Anda. Bahkan malah lebih berbahaya daripada mengeringkan rambut dengan hair drying.
  • Periksa Jenis shampoo yang Anda gunakan. Gunakan shampoo yang sesuai dengan jenis rambutmu. Hindari menggunakan shampoo yang bertipe keras (hard), tetapi pilihlah shampoo yang bertipe lembut atau mild.
  • Hidari Minuman yang mengandung caffein misalnya kopi. Minuman dengan kandungan kafein  membahayakan kesehatan rambut seperti; mudah patah dan rapuh.
  • Rutin Memotong Rambut.

Satu hal yang harus diperhatikan saat mengatasi rambut rontok ialah mengembalikan kesehatan rambut. Jika rambut sehat, maka vitalitasnya meningkat dan rambut pun tidak akan rontok lagi.

Pencarian Terkait:

  • apakah minyak jaitun di campur dg sledri bisa numbuhkan rambut botak 100 persen
  • cara mbgatsi kerontokan rambut dan mnebalkan kmbli
  • cara mengatasi rambut kritis karna rontok
  • cara mengatasi rambut rontok dan menebalkannya kembali
  • Vitamin yg harus diminum setelah lahiran agar rambut tidak rontok

Tinggalkan komentar

error: Maaf, Tidak Diizinkan.
%d blogger menyukai ini: