Cara Menebalkan Rambut dengan Minyak Kemiri


Selain lidah buaya dan bawah merah, bahan alami yang cocok untuk menebalkan rambut adalah kemiri. Kacang-kacangan yang biasanya digunakan untuk bumbu masakan ini ternyata menghasilkan minyak yang nutrisinya mampu membuat rambut jadi lebih gelap dan tebal.

Untuk mengenal seperti apa fungsi dari kemiri dan bagaimana pemanfaatan biji serta minyaknya. Simak artikel yang membahasa seluk-beluk kemiri di bawah ini dengan saksama.

Manfaat Minyak Kemiri

Kegunaan Minyak Kemiri

Minyak kemiri memiliki banyak manfaat baik untuk kulit, pencernaan, hingga rambut. Pada artikel ini kita akan membuat batasan pembahasan ya. Kita hanya akan membahas tentang manfaat minyak kemiri untuk rambut saja.

Berikut daftar manfaatnya.

  1. Merangsang Rambut Bayi dan Anak-Anak

manfaat kemiri untuk pertumbuhan anak

Rambut bayi dan anak-anak ada yang sudah tumbuh subur sejak lahir dan ada yang tidak. Mereka yang rambutnya sangat tipis sejak lahir biasanya diberi olesan minyak kemiri pada rambut dan kulit kepala. Tujuan pengolesan ini adalah merangsang akar rambut agar tumbuh subur dan menghasilkan rambut yang jauh lebih tebal. Baca juga: Lucunya anak dengan rambut sehat dan tebal

  1. Meringankan Kebotakan

Selain kerutan pada wajah, salah satu momok terbesar dari seseorang yang sudah mulai tua adalah kerontokan dan kebotakan. Rambut yang mulai menua biasanya akan rapuh sehingga akan patah dari akar atau dari tengah-tengah. Kalau kerontokan ini dibiarkan, rambut akan terus menipis dan kebotakan yang menakutkan itu bisa saja terjadi. Baca juga cara efektif menumbuhkan rambut botak

Untuk mengurangi kebotakan yang cukup menakutkan itu, kita bisa menggunakan minyak kemiri yang dibuat sendiri atau yang sudah ada pada kemasan jadi. Dengan perawatan yang rutin setiap hari, akar rambut akan kembali terpupuk dan akhirnya menghasilkan rambut baru dan menutup kulit kepala yang terekspos.

  1. Mencegah Ketombe Muncul

Manfaat dan kegunaan minyak kemiri

Ketombe yang membuat rambut jadi kotor bisa terjadi karena dua hal. Pertama adalah kelembapan rambut yang sangat tinggi. Dampaknya, keringat akan sering muncul dan memicu bakteri berkembang dengan pesat. Kulit rambut yang awalnya sehat akan mulai terjangkiti dan menimbulkan sensasi gatal.

Masalah kedua dari ketombe adalah tidak sehatnya akar dan kulit rambut. Akibat minimnya nutrisi, kulit kepala jadi mudah rusak sehingga menghasilkan kotoran berupa ketombe yang sangat merugikan itu.

Untuk mencegah dua permasalahan ketombe itu, kita bisa menggunakan minyak kemiri sebagai tambahan nutrisi. Rambut dan kulit kepala bisa secara rutin diolesi dengan cairan ini agar kesehatannya terus meningkat.

  1. Menumbuhkan Kumis, Jenggot, dan Jambang

Bagi seorang pria, facial hair adalah hal sangat berharga karena bisa menambah kesan maskulin. Oleh karena itu, banyak dari kamu pria menggunakan minyak kemiri ini untuk menumbuhkan atau menebalkan kumis, jenggot, dan jambang.

  1. Menebalkan Rambut

Kalau Anda tidak memiliki masalah pada rambut baik itu rontok, ketombe, atau masalah kebotakan, minyak kemiri bisa bermanfaat untuk menambah ketebalan. Rambut Anda yang sudah sehat bisa dibuat semakin sehat sehingga ketebalannya bisa meningkat, warnanya makin hitam, dan mengkilap jika dilihat dari kejauhan.



Jenis Minyak Kemiri

Manfaat minyak kemiri untuk kesehatan rambut

Secara garis besar, minyak kemiri bida dibedakan menjadi dua jenis. Pertama minyak kemiri yang diolah secara tradisional dan yang kedua adalah minyak kemiri yang diolah oleh pabrik.

  1. Minyak Kemiri Al Khodry

Minyak kemiri jenis ini banyak dijual di pasaran dalam kemasan botol kecil. Warna minyak kemiri ini agak sedikit gelap meski kualitasnya cukup tinggi. Minyak kemiri Al Khodry banyak digunakan untuk menumbuhkan rambut di kepala dan jambang.

  1. Minyak Kemiri Bakar

Minyak kemiri bakar dibuat sendiri dengan membakar biji kemiri yang sudah matang. Selanjutnya biji dihancurkan dan diperas untuk diambil minyaknya.

  1. Minyak Kemiri Argan

Minyak kemiri Argan diolah dengan teknologi terbaru dan penyulingan yang berlapis sehingga menghasilkan produk terbaik. Minyak kemiri ini memiliki warna kekuningan dan mudah diserap oleh kuit. Baca Juga Manfaat Argan oil untuk kesehatan.

Cara Membuat Minyak Kemiri yang Benar

Kegunaan Minyak Kemiri Bgi Rambut

Ada tiga cara membuat minyak kemiri yang benar dan bisa dipraktikkan sendiri di rumah. Berikut cara selengkapnya.

  1. Dibakar

Kemiri yang sudah matang dibakar hingga gosong seperti arang. Selanjutnya, biji kemiri dihancurkan dengan sempurna lalu disaring. Minyak bisa ditampung pada wadah kaca agar tidak terkontaminasi dengan bahan lainnya.

  1. Disangrai

Untuk mengeluarkan minyak dari kemiri, Anda bisa menggoreng tanpa minyak atau sangrai. Setelah tercium bau harum atau biji mulai agak kekuning-kuningan, angkat dan blender hingga halus. Selanjutnya peras dan saring minyaknya hingga jernih.

  1. Diblender

Cara termudah untuk mendapatkan minyak kemiri adalah dengan memblender lalu menambahnya dengan sedikit air. Sayangnya cara ini tidak menghasilkan banyak minyak meski bisa dilakukan untuk keperluan darurat saja.

Cara Menebalkan Rambut dengan Minyak Kemiri

Setelah kita mengetahui bagaimana cara membuat minyak kemiri, sekarang kita akan membahas tentang cara menebalkan rambut dengan minyak kemiri.

Manfaat Kemiri untuk rambut

Untuk menebalkan rambut dengan minyak kemiri sebenarnya Anda tidak perlu kerepotan. Cukup ambil minyak kemiri yang sesuai dengan keinginan. Selanjutnya ambil beberapa tetes minyak kemiri lalu ratakan di tangan. Oleskan minyak pada rambut hingga ke kulit kepala sambil dipijat-pijat.

Diamkan selama 30 menit hingga minyak meresap secara merata. Selanjutnya bilas dengan air bersih sebanyak 2-3 kali sebelum dikeramasi dengan sampo alami. Setelah keramas jangan keringkan rambut dengan hair dryer karena kelembapan rambut bisa langsung hilang saat itu juga.

Oh ya, untuk menebalkan rambut atau menumbuhkan rambut biasanya dibutuhkan waktu 1-2 bulan. Setiap orang memiliki kondisi akar rambut berbeda-beda sehingga kadang ada yang cepat dan kadang ada yang lambat.

Inilah cara menebalkan rambut dengan kemiri. Oh ya, selain minyak kemiri, kalau Anda ingin menebalkan rambut secara cepat, gunakan Caboki Hair Building Fibers. Serum penebal rambut ini bekerja instan sehingga rambut yang terlihat botak bisa terlihat tebal dalam jangka waktu yang singkat. Tertarik mencoba? Hubungi kami di ….


Pencarian Terkait:

  • cara menebalkan rambut dengan kemiri
  • cara menebalkan rambut dengan minyak kemiri
  • cara melebatkan rambut dengan kemiri
  • menebalkan rambut dengan kemiri
  • minyak kemiri untuk rambut botak pria
  • cara menumbuhkan rambut dengan kemiri
  • Cara menebalkan rambut dengan minya
  • cara memanjangkan rambut dengan minyak kemiri
  • Melebatkan rambut dengan minyak kemiri
  • Cara melebatkan rambut dengan minyak kemiri

Tinggalkan komentar

error: Maaf, Tidak Diizinkan.
%d blogger menyukai ini: